Menu
arti field trip
Grammar and Vocabulary

Serunya Belajar di Luar Kelas! Ini Perbedaan Study Tour dan Field Trip

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.09.30

EFriends pernah ikut kegiatan karyawisata kan? Nah, ada dua jenis kegiatan yang seru dan sering diadakan sekolah, yaitu study tour dan field trip. Kedua kegiatan ini sama-sama mengajak kita untuk belajar di luar kelas, tapi ternyata ada perbedaannya, lho! Simak Tom terus ya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Field trip dan study tour adalah metode karyawisata yang sering diadakan oleh sekolah atau institusi pendidikan untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda kepada siswa. Berikut ini adalah perbedaan antara study tour dan field trip, serta contoh kalimatnya dalam bahasa Inggris. Siapa tahu setelah ini, EFriends jadi lebih semangat untuk ikut kegiatan belajar di luar kelas!

kunjungan museum

Apa Itu Study Tour?

Study tour (tur belajar) adalah sebuah perjalanan edukatif yang dilakukan oleh sekelompok siswa ke suatu tempat tertentu dengan tujuan untuk mendapat pengalaman belajar yang lebih mendalam selain dari buku pelajaran. Oleh karena itu, study tour dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mmerasakan pengalaman langsung belajar sesuatu lewat praktik atau observasi lapangan. Misalnya, sekolahmu bisa mengadakan study tour ke kota lain, ke museum yang terkenal, pabrik, atau bahkan ke luar negeri.

Oh iya, study tour biasanya punya beberapa destinasi, tidak cuma satu. Durasinya pun bisa satu hari sampai selama apapun yang ditentukan, tapi biasanya paling lama adalah seminggu.

Di study tour, EFriends bisa belajar sekaligus jalan-jalan. Kamu bisa belajar tentang sejarah, budaya, sains, atau proses industri, tergantung tempat yang dikunjungi. Misalnya, kalau EFriends berkunjung ke pabrik cokelat, kamu bisa belajar tentang bagaimana cokelat dibuat, mulai dari biji kakao hingga jadi produk siap makan.

Contoh kalimat:

"Next month, we are going on a study tour to the National Museum."
(Bulan depan, kami akan pergi study tour ke Museum Nasional.)

"Our study tour to the chocolate factory taught us a lot about how chocolate is made."
(Study tour kami ke pabrik cokelat mengajarkan banyak hal tentang bagaimana cokelat dibuat.)

Apa Itu Field Trip?

Menurut kamus bahasa inggris Cambridge, field trip (karyawisata) adalah kunjungan yang dilakukan oleh siswa untuk mempelajari sesuatu di luar sekolah. Tujuannya untuk mengunjungi tempat yang relevan dengan mata pelajaran tertentu yang sedang EFriends pelajari di kelas.

Kalau dilihat dari pengertiannya, mirip dengan study tiour, ya? Memang mirip, EFriends. Yang membedakan, kallau field trip biasanya cuma sehari dam hanya satu destinasi yang dikunjungi. Selain itu, field trip biasanya akan lebih banyak observasi dibanding praktik langsung.

Misalnya, kalau EFriends sedang belajar tentang ekosistem di pelajaran biologi, kamu bisa pergi field trip ke taman nasional atau kebun raya untuk melihat langsung flora dan fauna yang dipelajari. Atau, kamu bisa pergi ke kebun binatang untuk mempelajari tentang hewan-hewan yang dilindungi.

Contoh kalimat:

"Our class went on a field trip to the botanical garden to learn about different types of plants."
(Kelas kami pergi field trip ke kebun raya untuk belajar tentang berbagai jenis tanaman.)

"The field trip to the zoo was amazing because we got to see many endangered animals."
(Field trip ke kebun binatang sangat seru karena kami melihat banyak hewan langka.)

Mengapa Kamu Harus Ikut Keduanya?

Baik study tour maupun field trip sama-sama memberikan banyak manfaat, lho! Selain sekadar jalan-jalan, kamu bisa memperoleh pengalaman belajar yang sangat berharga. Baik study tour maupun field trip bisa membuat proses belajar jadi lebih seru karena kamu tidak hanya belajar dari buku saja, tapi juga langsung dari pengalaman di lapangan. Kamu juga bisa mengasah keterampilan sosial dengan berinteraksi dengan teman-teman dan orang-orang di tempat yang kamu kunjungi.

Salah satu keuntungan terbesar dari study tour dan field trip adalah membuat belajar jadi lebih menyenangkan. Kamu bisa keluar dari rutinitas kelas yang mungkin terasa membosankan, dan belajar di lingkungan yang berbeda. EFriends akan merasakan suasana baru, bertemu orang-orang baru, dan tentu saja, mendapatkan pengalaman belajar yang tak terlupakan.

Selain itu, kegiatan belajar di luar kelas seperti ini bisa membuka wawasan EFriends tentang dunia nyata, menghubungkan teori yang kamu pelajari di sekolah dengan praktik langsung di lapangan. Siapa tahu, kamu jadi lebih tertarik pada bidang tertentu setelah ikut study tour atau field trip!

Nah, sekarang EFriends sudah tahu, kan, betapa bermanfaatnya ikut study tour dan field trip? Dari pengalaman belajar langsung, memperluas wawasan, hingga melatih kemampuan sosial dan kemandirian, semuanya bisa kamu dapatkan dari kegiatan-kegiatan ini. Jadi, EFriends, jangan ragu untuk ikut jika sekolahmu mengadakan study tour atau field trip.

Kalau kamu butuh bimbingan dalam belajar bahasa Inggris, kamu bisa mencoba kelas gratis EF lho! Dengan berbagai metode belajar dan guru-guru yang profesional, belajar bahasa Inggris jadi menyenangkan. Cukup dengan mengisi nomor telepon pada laman ini kamu sudah bisa mencoba kelas gratisnya sekarang juga!

Sampai berjumpa di kelas ya!