Menu
public-speaking
Education Advice

Suka Grogi? 5 Teknik Untuk Menghilangkan Demam Panggung

Ben Small Stars
Author
Ben
2023.04.11

Berada di atas panggung atau berbicara di hadapan banyak orang terkadang suka bikin takut ya. Eh ternyata, ada trik mudah yang bisa membantu kamu untuk mengatasi demam panggung dan mengasah public speaking lho. Penasaran? Let's check this out.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Siapa yang suka ketakutan ketika harus berbicara di depan banyak orang?. Bagi mereka yang tidak terbiasa tentu itu menjadi hal yang paling menyeramkan. Belum lagi, kita seringkali terlalu gugup hingga lupa dengan apa yang sudah dipersiapkan.

Hal seperti ini tentu sangat wajar, demam panggung sebenarnya bisa kok dihilangkan apabila kita tahu cara untuk mengatasi hal tersebut. Tentu, setiap orang memiliki caranya masing-masing, tetapi kali ini Ben mau berbagi teknik yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi stage fright atau demam panggung.

1. Pasang Batas Waktu

Merasa gugup sebelum naik ke atas panggung itu wajar kok, asal kita tidak terlalu banyak berfikir yang mengakibatkan rasa cemas yang berlebihan. Kamu bisa memikirkan kembali materi yang akan disampaikan atau menghafal poin yang nantinya akan dipaparkan.

Nah ada salah satu teknik agar kita tidak mengalami rasa cemas yang berlebih. Yuk coba pasang batas waktu. Pasang waktu sekitar 5-10 menit untuk mempersiapkan diri, sisanya pergunakan waktu untuk bersantai seperti meminum teh atau berjalan-jalan.

2. Berfikir Positif

Siapa yang kalau grogi suka berfikir yang tidak-tidak? Salah satu efek buruk akibat grogi adalah sering berfikir negatif yang tentu akan berpengaruh pada mental dan kesiapan kita lho. Karena rasa cemas yang berlebihan akan menyebabkan pikiran kamu menjadi kalut dan tentunya menimbulkan rasa takut.

Kamu bisa coba alihkan pemikiran negatif itu dengan berfikir positif. Kamu bisa membayangkan wajah audiens yang senang dengan penampilan kalian atau saat acara berjalan sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Dengan begitu, hati kita akan jauh lebih tenang dan tentunya mental kita lebih kuat.

3. Meditasi

Selain berfikir positif, ternyata bermeditasi juga bisa menghilangkan rasa demam panggung lho. Karena dalam bermeditasi, kita dituntut untuk mengosongkan pikiran dan berfokus pada ketenangan.

Teknik ini bisa dicoba beberapa jam atau beberapa menit sebelum tampil. Pada saat meditasi usahakan untuk fokus pada ketenangan dan tidak memikirkan apapun tentang penampilan kalian.

4. Perbaiki Postur Tubuh

Siapa bilang postur tubuh tidak berkaitan dengan rasa gugup.? Tahu tidak friends, ternyata sikap postur kita juga menentukan seberapa gugupnya kita lho. Jangan sampai otak memerintahkan tubuh kita untuk membungkuk, menundukkan kepala atau bergerak berlebihan ya.

Nah, kamu bisa memperbaikinya dengan merubah postur tubuh kamu lho. Berdiri tegap, lemaskan otot pundak dan lengan. Dengan begitu kita memberikan sinyal kepada otak untuk tidak khawatir, dan juga memberikan dorongan percaya diri juga.

5. Banyak Bergerak

Friends, kamu sering sadar tidak kalau ketika kita gugup maka adrenalin yang ada pada tubuh sedang tinggi-tingginya lho.

Kamu bisa mengatasi adrenalin yang berlebihan ini dengan melakukan sedikit gerakan olahraga, seperti melakukan joging di tempat, atau sekedar berlari kecil untuk bisa melepas adrenalin dan membuatmu merasa lebih tenang.

Bagaimana tips public speaking dari Ben? Kamu bisa langsung praktekkan ya! Dengan begitu, kamu bisa tampil jauh lebih maksimal dan tentunya lebih percaya diri!

Selain itu, kamu juga bisa melatih public speaking Bersama teman-teman dan guru yang supportif di kelas-kelas yang ada di EF . Selain melatih kemampuan berbahasa Inggris kamu juga akan belajar untuk lebih percaya diri saat presentasi atau berbicara di depan kelas.

Yuk tingkatkan kemampuan public sspeaking dan Bahasa Inggris sekaligus dengan bergabung di EF. Mumpung ada diskon terbaik plus harga spesial untuk ikut EF Holiday Academy 2023.

Jangan sampai terlewat ya! Yuk jadi jago Bahasa Inggris setelah liburan!

Ben Small Stars
Author
Ben