Menu
belajar bahasa inggris dari hal receh
Listening and Speaking

5 Hal Receh Tapi Berguna Buat Belajar Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.06.20

Mau belajar bahasa Inggris tapi takut duluan dengan struktur grammar dan pronunciation? Tenang EFriends, belajar Bahasa Inggris mudah kok, nggak perlu semenakutkan itu! Kamu bisa mulai dengan membangun kebiasaan-kebiasaan kecil yang positif atau lewat hal-hal receh.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tahukah kamu kalau tekun belajar teori saja nggak cukup untuk jadi jago bahasa Inggris? Memang, kalau kamu mau fasih berbahasa, kamu harus mengekspos dirimu lebih banyak ke dalam bahasa tersebut, dan budayanya. Tapi untuk pemula, hal ini bisa bikin kewalahan alias overwhelming. Supaya nggak kewalahan, kamu bisa mulai lakukan dari hal-hal receh.

kebiasaan belajar bahasa

Kenapa Mulai dari Hal Receh?

Biasanya orang yang punya tujuan belajar bahasa baru akan berapi-api di awal. Merasa semangat dan termotivasi. Tapi realitanya, motivasi yang berapi-api ini sering tidak konsisten. Baru belajar sebentar, tapi motivasinya sudah menurun karena ternyata menguasai bahasa baru banyak yang harus dipelajari. Apakah kamu juga seperti itu, EFriends?

Nah, agar motivasi belajarmu tetap stabil, coba deh mulai belajar dari hal-hal kecil tapi yang bisa berlanjut dalam jangka panjang. Let’s achieve more by trying less! Ada hal kecil apa saja ya yang bisa dilakukan?

1. Ubah setelan bahasa di HP-mu

Hal pertama, hal yang paling mudah dilakukan, yaitu mengubah setelan bahasa di semua gawaimu menjadi bahasa Inggris. Kalau kamu belum menggantinya, ayo ganti sekarang! Awal-awal memang akan terasa aneh, tapi harus kamu biasakan ya EFriends. Kalau ada yang tidak kamu mengerti, kamu bisa membuka Google Translate atau mengubah sementara setelan bahasanya. Oh iya, hal ini juga berlaku untuk game yang kamu mainkan ya!

2. Jadikan podcast sebagai background noise

Yup, seperti saat kamu menyalakan TV atau lagu untuk memecah keheningan, coba ganti dengan podcast atau acara TV berbahasa Inggris. Kalau kamu pakai cara ini, nggak apa-apa lho kalau kamu nggak fokus mendengarkan podcast-nya. Kamu bisa sambil mengerjakan hal lain dan menjadikan suara dari podcast sebagai background noise. Cara ini bagus untuk membiasakan telingamu mendengarkan percakapan natural dalam bahasa Inggris. Lama-lama, tanpa sadar kamu bisa mengidentifikasi sebuah kata dan bagaimana cara mengucapkannya.

3. Ikut tantangan 30 hari

Hal receh tapi membutuhkan konsistensi. Tantangan 30 hari a.k.a 30-days challenge ini adalah cara kecil yang cukup seru untuk dilakukan, apalagi kalu kamu bagikan ke media sosialmu. Kamu bisa cari beragam prompter atau pengingat di sosial media atau Google dan pilih tantangan favoritmu. Bisa berupa satu hari satu vocab, satu hari satu kalimat positif, atau kamu bisa membuat sendiri sesuai target yang ingin kamu capai.

Selain kamu jadi bisa belajar, kamu juga bisa membuat teman-temanmu tertarik untuk ikut tantangannya juga. Semakin rame semakin seru, deh!

4. Baca apapun, baca semua

Yes, kamu tidak bisa menghapus cara ini dari perjalanan belajar bahasa. Hal receh yang bisa kamu lakukan dengan membaca adalah, membaca apapun dengan suara. Entah membaca iklan yang lewat, poster yang kamu temukan, atau buku petunjuk dari mainan yang baru saja kamu beli. Poinnya adalah iseng membaca, tapi harus dengan suara. Dengan begitu, kamu bisa menguji kemampuan pronunciation-mu.

5. Ulangi apa yang kamu dengar

Saat kamu fokus mendengarkan podcast atau menonton film, sesekali coba deh ulangi dialog yang kamu dengarkan. Ulangi dengan ritme dan intonasi yang sama dengan penutur aslinya. Tidak perlu semua, kamu bisa mengucapkan dialog di bagian yang kamu sukai saja. FYI, teknik ini disebut teknik speech shadowing dan banyak digunakan oleh orang yang sedang belajar bahasa lho.

Bagaimana EFriends? Terlihat mudah kan? Yuk mulai coba kelima hal receh di atas! Tom juga menerapkan cara-cara di atas sejak awal belajar bahasa Inggris sampai sekarang, dan sudah jadi kebiasaan.

Selain belajar lewat kebiasaan positif di atas, Tom juga ikut kursus di EF supaya lebih cepat fasih berbahasa Inggris. Guru-guru di EF punya cara mengajar yang unik dan menyenangkan. Bikin belajar bahasa Inggris terasa mudah dan nggak seperti sedang belajar. Pokoknya seru, deh!

Penasaran juga dengan suasana belajarnya? Kamu bisa ikut kelas percobaan gratis di semua sekolah EF di Indonesia. Hanya dengan mendaftarkan nomor HP, kamu akan langsung mendapat kuota untuk sesi belajar dan konsultasi.

Tom tunggu di EF ya!