Menu
kegiatan sosial remaja
News and Lifestyle

6 Alasan Kenapa jadi Sukelawan Bagus Buat Remaja

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.08.05

Selain belajar di kelas dan ikut ekstrakurikuler, berpartisipasi dalam kegiatan sosial bisa jadi cara untuk menambah pengalaman dan melihat dunia yang lebih luas. Di artikel kali ini, Tom mau memberi tahu kamu kenapa sebagai remaja kamu harus mencoba jadi sukarelawan alias volunteer minimal sekali.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Macam-macam Kegiatan Sukarelawan untuk Remaja

food bank

EFriends, apa yang ada di benakmu saat mendengar kata sukarelawan atau volunteer? Membantu korban bencana? Pergi ke desa terpencil? Memang ada benarnya, tapi sebenarnya banyak kegiatan sosial yang bisa dilakukan oleh seorang sukarelawan, lho! Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan sosial yang bisa diikuti oleh remaja.

Food bank

Food bank atau bank makanan adalah tempat untuk mengatasi kesenjangan pangan di masyarakat. Orang atau lembaga akan mendonasikan makanan ke organisasi food bank, lalu makanan tersebut akan didistribusikan ke masyarakat yang kekurangan.

Palang Merah Remaja

Palang Merah Remaja atau PMR bisa jadi pilihan kalau kamu suka membantu sesame dalam bidang kesehatan. Kamu bisa ikut PMR dari sekolah dan belajar dasar-dasar pertolongan pertama.

Red Cross

Kalau di Indonesia ada PMR, di skala internasional ada Red Cross. Ini adalah organisasi palang merah internasional, dan mereka juga punya wadah untuk remaja yang ingin bergabung jadi sukarelawan, lho. Tertarik mendaftar, EFriends?

Merawat lansia

EFriends pernah berkunjung ke panti jompo? Selain berkunjung ke panti asuhan, kamu juga bisa memberikan bantuan di panti jompo.

Perlindungan hewan

Pecinta hewan ayo merapat! Kamu pasti akan suka dengan kegiatan sukarelawan yang satu ini. Kamu bisa belajar jadi animal rescuer dan memahami kesejahteraan hewan yang hamper punah.

Lingkungan hidup

Tidak sekadar mengurangi sampah plastik atau menggunakan bahan-bahan sustainable, menjadi aktivis lingkungan akan memperluas pandanganmu tentang perubahan iklim, isu lingkungan, dan bagaimana menjaga lingkungan yang tepat.

Taman baca & mengajar

Buat kamu yang punya semangat mengajar, kegiatan ini bisa jadi rumah buatmu. Pergi ke desa terpencil atau lingkungan terbelakang dan mengajar adik-adik yang usianya lebih muda. Belajar, bermain, bercerita, banyak pengalaman yang akan kamu dapatkan di sini.

Panitia acara

Kalau kegiatan-kegiatan di atas membuatmu kewalahan, kamu juga bisa mulai dengan menjadi panitia di acara kecil. Bisa acara sekolah, ataupun di tempat les atau klub ekskul.

Pelayanan di rumah ibadah

Aktif di rumah ibadah juga termasuk kegiatan sukarelawan lho, EFriends. Kamu bisa ikut andil membantu mengurus operasional saat ada acara keagamaan atau ikut dalam pertemuan rutin setiap minggu/bulan.

Manfaat Jadi Sukarelawan untuk Remaja

manfaat volunteering

Dari beberapa kegiatan sosial di atas, adakah kegiatan yang menarik minatmu? Atau kamu sudah pernah mencoba terjun langsung menjadi sukarelawan di salah satu kegiatan di atas? EFriends, ikut kegiatan sosial tidak cuma membantu menumbuhkan jiwa sosialmu, ada manfaat lebih besar yang bisa kamu dapatkan.

Meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri

Dengan ikut kegiatan volunteer, kamu punya kesempatan untuk keluar dari zona nyaman dan menghadapi tantangan baru. Baik itu mengajar anak kecil atau jadi panitia di sebuah kegiatan, kegiatan-kegiatan ini mengharuskan kamu belajar berkomunikasi, problem solving dan mengambil tanggung jawab. Saat kamu berhasil melakukan tugas-tugas itu, kamu bisa jadi lebih percaya diri untuk menyelesaikan tantangan lainnya.

Membantu menemukan jati diri

Masa remaja adalah masa-masa terbaik untuk mengeksplor minat dan kesukaan. Menjadi sukarelawan akan membuka pintu ke berbagai bidang dan tujuan, Hal ini bagus untuk membantumu menemukan apa yang benar-benar kamu minati. Mulai dari pilihan karir sampai minat pribadimu untuk masa depan.

Menumbuhkan empati dan rasa peduli sesama

Menjadi sukarelawan memberimu pengalaman dan perspektif hidup yang berbeda yang akan menumbuhkan empati dan rasa kepedulian terhadap sesama. Selain itu juga bisa menanamkan kebiasaan berbagi ke masyarakat.

Membangun rasa kebersamaan

Mengikuti kegiatan sosial menumbuhkan rasa memiliki, kebersamaan dan hubungan dengan masyarakat. Dengan bekerja bersama orang lain untuk mencapai tujuan bersama, kamu bisa mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang isu-isu sosial dan pentingnya keterlibatan masyarakat.

Peluang memperluas jaringan

Menjadi sukarelawan juga memberikan peluang networking yang berharga. Kamu akan bertemu orang-orang dari berbagai latar belakang, termasuk para profesional di berbagai bidang, yang bisa menjadi mentor untuk membimbingmu dan membuka peluang di masa depan.

Portfolio untuk mendaftar perguruan tinggi

Untuk kamu yang punya impian mendaftar perguruan tinggi di luar negeri, punya pengalaman menjadi sukarelawan bisa mempercantik CV dan motivation letter-mu. Apalagi kalau kegiatan sosial yang kamu ikuti ada kaitannya dengan jurusan kuliah yang akan kamu ambil. Mengikuti kegiatan sosial tidak hanya menunjukkan kecerdasanmu di bidang akademik, tapi juga jiwa sosial dan kecerdasan non akademik.

Yup, itu tadi serba-serbi volunteer alias kegiatan sukarelawan untuk remaja. Dari yang sudah Tom bagikan di atas, apakah kamu jadi termotivasi untuk menjadi sukarelawan? Di luar sana banyak kegiata sosial yang bisa kamu eksplor, baik di dalam negeri maupun sukarelawan ke luar negeri. Apapun kegiatan yang kamu pilih, kerjakan dengan niat yang tulus untuk membantu ya, EFriends.

Kalau kamu mentargetkan ikut volunteer ke luar negeri, jangan lupa tingkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu di EF! Ada kelas percobaan gratis dan harga spesial yang bisa kamu dapatkan kalau mendaftar di bulan ini.

Jangan sampai kelewatan promonya ya, EFriends!