Menu
adverb oof time
Grammar and Vocabulary

Adverb of Time untuk Menceritakan Cita-cita dan Impianmu

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.07.10

Tahukah kamu kalau salah satu cara agar impian atau cita-citamu bisa terwujud adalah dengan manifestasi? Manifestasi bisa dilakukan pakai banyak cara, diantaranya lewat menulis. Di artikel ini, ayo kita belajar manifestasi cita-cita pakai adverb of time!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Buat yang belum tahu, manifestasi adalah sebuah pemikiran bahwa kalau kita yakin dan percaya, semesta akan mendukung kita mewujudkan apa yang kita inginkan. Baik itu benda ataupun impian,

Apa impianmu, EFriends? Menuliskan impianmu di jurnal atau vision board bisa jadi cara bagus untuk manifestasi karena kamu bisa membacanya setiap hari. Kalau kamu ingin menuliskan manifestasi cita-cita dalam bahasa Inggris, Tom punya beberapa contoh cerita pakai adverb of time yang bisa jadi panduanmu.

Apa Saja Adverb of Time?

Adverb of time atau keterangan waktu adalah kata yang mengubah kata kerja (verb), kata sifat (adjective), atau kata keterangan lainnya dengan menunjukkan kapan suatu tindakan terjadi. Adverb of time digunakan untuk menjawab pertanyaan seperti “kapan?”, “berapa lama?”, “seberapa sering?”, dan “sampai kapan?”.

Adverb of time ada 4 jenis, yaitu:

1. Definite adverbs of time

Kata keterangan ini memberikan referensi waktu tertentu. Contohnya today, yesterday, tomorrow, now, then.

2. Indefinite adverbs of time

Kata keterangan ini memberikan gambaran umum tentang waktu. Contohnya soon, later, eventually, recently, sometime

3. Frequency adverbs

Kata keterangan ini menunjukkan seberapa sering suatu tindakan terjadi. Contohnya always, never, often, sometimes, rarely, seldom.

4. Duration adverbs

Kata keterangan ini menunjukkan berapa lama suatu tindakan berlangsung. Contohnya briefly, forever, for a while, temporarily.

Contoh Adverb of Time

Setelah kamu tahu mancam-macam adverb of time, ini saatnya untuk menggunakannya dalam semua manifestasi cita-cita dan impian!

Contoh 1

When I graduate high school, I will eventually get accepted into my dream university and major with a full scholarship. Everything is possible to me. I never had a low GPA and graduated from university in 3,5 years.

(Ketika saya lulus SMA, pada akhirnya saya akan diterima di universitas dan jurusan impian saya dengan beasiswa penuh. Segalanya mungkin bagi saya. Saya tidak pernah memiliki IPK rendah dan lulus universitas dalam waktu 3,5 tahun.)

Conntoh 2

Since I was little, I had dreamed of becoming a pilot. I envisioned myself in the cockpit, flying into the blue sky to different countries and trying new experiences. I will be happy with my job. I am determined to excel in math and physics to reach that dream. I will be a great pilot in 10 years.

(Sejak kecil saya sudah bercita-cita menjadi seorang pilot. Saya membayangkan diri saya berada di kokpit, terbang ke langit biru ke berbagai negara dan mencoba pengalaman baru. Saya akan senang dengan pekerjaan saya. Saya bertekad untuk unggul dalam matematika dan fisika untuk mencapai impian itu. Saya akan menjadi pilot hebat dalam 10 tahun.)

Contoh 3

I am focused and determined in my studies, I understand new information quickly and retain it effectively. Each self-study session lasts for 2 hours and that is a building block for my future success.

(Saya fokus dan bertekad dalam studi saya, saya memahami informasi baru dengan cepat dan menyimpannya secara efektif. Setiap sesi belajar mandiri berlangsung selama 2 jam dan itu merupakan landasan kesuksesan saya di masa depan.)

Contoh 4

I want to be a chef when I grow up. I am inspired by the vibrant flavors and joyful gatherings in my grandmother’s kitchen. In school, I joined the culinary club and took every cooking class available, eager to expand my skills. My weekends were filled with trying out new recipes and perfecting my techniques. This passion for cooking fuelled my ambition to attend a prestigious culinary school.

(Saya ingin menjadi koki ketika saya besar nanti. Saya terinspirasi oleh cita rasa yang semarak dan pertemuan yang menyenangkan di dapur nenek saya. Di sekolah, saya bergabung dengan klub kuliner dan mengikuti setiap kelas memasak yang tersedia, ingin mengembangkan keterampilan saya. Akhir pekan saya diisi dengan mencoba resep baru dan menyempurnakan teknik saya. Kegemaran memasak ini memicu ambisi saya untuk bersekolah di sekolah kuliner bergengsi.)

Buat Manifestasi Cita-citamu Sendiri

Sekarang, Tom punya tantangan buat kamu nih EFriends. Yuk bagikan cerita tentang impian dan cita-citamu dalam bahasa Inggris. Kamu bisa membagikannya lewat tulisan ataupun video dengan klik tombol di bawah ini ya.

Batas akhir pengumpulan tulisan/video adalah tanggal 22 Juli 2024. Cita-cita dan impian yang menarik dari EFriends akan dapat kesempatan untuk muncul di EF Blog dan Instagram @ef_kidsteens dalam rangka Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2024.

Yuk ikuti tantangannya!

Kalau kamu ingin lebih jago bahasa Inggris untuk mendukungmu mewujudkan cita-cita, kamu bisa bergabung menjadi EF student! Kamu bisa mulai dari mendaftar kelas percobaan gratis dengan mengisi nomor HPmu di form yang tersedia di laman ini.

Jangan sampai ketinggalan ya!