Menu
etc artinya
Listening and Speaking

Biar Gak Monoton, Ini Variasi Lain Dari "Etc" dalam Bahasa Inggris!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.08.20

Pasti EFriends sering kan mendengar atau menggunakan kata "etc" dalam percakapan atau tulisan. Kata "etc" adalah singkatan dari "et cetera" yang berarti "dan lain-lain" atau "dan sebagainya". Tapi, ada banyak cara lain untuk mengatakan "etc" dalam bahasa Inggris. Yuk, pelajari agar bahasa Inggrismu lebih variatif dan menarik!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Merupakan singkatan yang diserap dari bahasa asing seperti bahasa Latin, "etc" digunakan untuk mencantumkan setiap contoh dari sesuatu yang sedang kita bicarakan. Misalnya "I need to buy groceries like milk, eggs, bread, etc". Jika EFriends mendengar kalimat tersebut, pasti akan terkesan dalam situasi formal. Nah berikut ini adalah beberapa cara mengatakan "etc" dalam berbagai situasi:

bahasa inggris waktu

Cara Lain Mengatakan "Etc" dalam Situasi Formal

Dalam situasi formal, seperti di sekolah, presentasi, atau menulis esai, EFriends perlu menggunakan ungkapan yang lebih sopan dan jelas. Berikut beberapa alternatif yang bisa kamu gunakan:

And So On/And So Forth

Ungkapan ini sangat sering digunakan dan memiliki arti yang sama dengan "etc". "And so on" mengisyaratkan kelanjutan, seperti contoh yang diberikan hanyalah sebagian dari daftar yang panjang. EFriends juga bisa menggunakan "and so forth". Keduanya ini bisa kamu gunakan dalam berbagai situasi formal. Contohnya:

  • "We will discuss the topics of climate change, global warming, pollution, and so on."
    Kita akan membahas topik perubahan iklim, pemanasan global, polusi, dan sebagainya.

  • "The curriculum includes subjects like mathematics, science, history, and so forth."
    Kurikulum mencakup mata pelajaran seperti matematika, sains, sejarah, dan lain-lain.

Among Others

Kedua, "among others" ini sering digunakan untuk menunjukkan bahwa ada lebih banyak item atau barang dalam daftar yang tidak disebutkan dalam tulisan ataupun perkataan. Agak berbeda dengan arti "etc", "among others" punya arti "diantaranya" atau "antara lain". Contohnya:

  • "The report covers various issues, among others, education and healthcare."
    Laporan tersebut mencakup berbagai isu, antara lain, pendidikan dan kese

And the Like

Selanjutnya, "and the like" dapat digunakan dalam tulisan esai atau presentasi untuk menunjukkan bahwa ada item lain yang serupa, namun tidak disebutkan.

  • "This course will cover topics such as algebra, geometry, and the like."
    Kursus ini akan mencakup topik-topik seperti aljabar, geometri, dan sebagainya.

Selain di atas, EFriends juga bisa menggunakan ungkapan berikut yang diletakkan diakhir daftar yang telah disebutkan.

  • ...and what you have

  • ...and such

  • ...and whatnot

Cara Lain Mengatakan "Etc" dalam Situasi Informal

Dalam situasi informal, seperti saat mengobrol dengan teman atau menulis pesan singkat, EFriends bisa menggunakan "etc" dengan lebih santai. Berikut beberapa alternatif yang bisa kamu coba:

And Stuff

"And stuff" adalah ungkapan santai yang sering dipakai dalam percakapan sehari-hari untuk merujuk pada hal-hal yang tidak spesifik namun terkait dengan topik yang sedang dibicarakan. Contohnya:

  • "We went to the mall, bought some clothes, ate at the food court, and stuff."
    Kami pergi ke mal, membeli beberapa pakaian, makan di food court, dan lain-lain.

And Things

Menggunakan "and things" dalam percakapan sehari-hari memberikan nuansa santai, akrab, dan membuat pembicara tidak terdengar terlalu formal atau kaku. Ini membantu menjaga alur percakapan tetap mengalir dengan nyaman. Contohnya:

  • "She likes to draw, paint, and things."
    Dia suka menggambar, melukis, dan sebagainya.

And The Like

Terakhir, "and the like" digunakan untuk menyatakan bahwa ada hal-hal lain yang serupa atau sejenis dengan yang disebutkan. Ini membantu memperjelas bahwa item yang disebutkan ini mewakili kategori yang dibicarakan. Contohnya:

  • "He enjoys sports like football, basketball, and the like."
    Dia menikmati olahraga seperti sepak bola, bola basket, dan sejenisnya.

Et cetera bukanlah satu-satunya cara untuk menyatakan bahwa daftar item/benda berjumlah banyak. Sekarang kamu sudah tahu berbagai cara untuk menggantikan kata "etc" dalam berbagai situasi. Dengan menggunakan variasi kata-kata ini, kamu dapat mengekspresikan diri dengan lebih beragam dan sesuai dengan situasinya.

Ingin bisa berbahasa inggris layaknya native speaker? Kamu bisa lho mengikuti kelas percobaan gratis EF! Tentunya dengan metode belajar yang bervariasi dan guru yang profesional, dijamin belajar bahasa Inggris jadi makin menyenangkan dan tidak membosankan. Cukup dengan mengisi nomor telepon pada form di atas, kamu sudah bisa ikut keseruan kelasnya!

Sampai bertemu Tom di kelas ya!