Menu
review film terbaik
Reading and Writing

Contoh Review Film dalam Bahasa Inggris Plus Vocabulary Perfilman

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.06.10

It’s movie time! Siapa yang setiap minggu suka pergi ke bioskop untuk menonton film terbaru? Atau, tidak melewatkan film populer di aplikasi streaming? Kalau kamu seorang movie-goers, jangsn bisrkan film bagus dilewatkan oleh orang lain. Yuk buat review film alias ulasan film dalam bahasa Inggris dan bagikan di media sosial!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Untuk membuat review film dalam bahasa Inggris, kamu perlu menguasai vocabulary tentang film dulu nih, EFriends supaya kamu bisa menjelaskan genre, alur cerita, sinematografi hingga akting para pemerannya. Pelajari daftarnya di bawah ini ya!

cinematography

Vocabulary Tentang Film

Acting = Akting

Actor = Aktor (pria)

Actress = Aktris (wanita)

Scene = Adegan

Dialogue = Dialog

Vocabulary Tentang Review Film

Critic = Kritikus

Genre = Aliran

Plot: = Jalan cerita

Review = Ulasan

Rating = Nilai

Theme = Tema

film animasi terbaik

Jenis Karakter dalam Film

Cast = Pemeran

Character = Karakter

Protagonist = Protagonis/pemeran utama

Antagonist = Antagonis

Supporting Characterr = Pemeran endukung

Narrator = Narator

Stunt = Pemeran pengganti

Macam-macam Genre Film

Action = Aksi

Comedy = Komedi

Drama = Drama

Horror = Horor

Thriller = Thriller

Romance = Romansa

Sci-Fi = Fiksi ilmiah

Fantasy = Fantasi

Documentary = Dokumenter

Animation = Animasi

Historical = Sejarah

Istilah Teknis dalam Film

CGI (Computer Generated Imagery)

Efek spesial berupa animasi atau ilustrasi baik 2D maupun 3D yang dibuat menggunakan komputer.

Cinematography

Sinematografi adalah sebuah teknik pembuatan film.

Cinematic

Gaya pengambilan video seperti gaya pengambilan layer lebar.

Close-Up

Gaya pengambilan gambar jarak dekat yang fokus pada objek.

Long Shot

Gaya pengambilan gambar dari jarak jauh untuk menampilkan latar sebuah adegan.

Tracking Shot

Gaya pengambilan gambar dimana kamera bergerak mengikuti subyek.

Voice-Over

Teknik dimana suara digunakan untuk menjelaskan narasi dari sebuah adegan.

Flashback:

Adegan yang menggambarkan kejadian masa lalu sebelum waktu utama cerita.

Storyboard

Kumpulan gambar yang merepresentasikan rencana pengambilan gambar.

Shot

Satu bagian potret film yang tidak terputus; blok yang membangun sebuah adegan.

Take

Sebuah rekaman yang terus-menerus dari sebuah adegan.

Cut

Transisi dari satu shot ke shot lainnya dalam proses penyuntingan film.

Contoh Review Film

Contoh 1: Describing My Favorite Film

My favorite movie is Kungfu Panda. I like the movie because it rocks! Let me tell you about the plot. It’s about this goofy, loveable panda named Po who dreams of being a kung fu hero. He’s kind of a klutz, but he gets picked to be the Dragon Warrior and has to train with these super cool kung fu masters called the Furious Five. The animation is super cool, and the fight scenes are epic! Plus, it's really funny and has some great life lessons about believing in yourself. Jack Black as Po is hilarious and perfect for the role. If you love action, comedy, and talking animals, "Kung Fu Panda" is a must-watch!

Film favoritku adalah Kungfu Panda. Aku suka filmnya karena keren! Aku kasih tahu kamu tentang plotnya. Film ini tentang panda konyol dan menggemaskan bernama Po yang bercita-cita menjadi pahlawan kung fu. Dia agak kikuk, tapi dia terpilih menjadi Prajurit Naga dan harus berlatih dengan master kung fu super keren yang disebut Furious Five. Animasinya sangat keren, dan adegan pertarungannya epik! Ditambah lagi, film ini sangat lucu dan memiliki pelajaran hidup yang luar biasa tentang percaya pada diri sendiri. Jack Black, pengisi suara Po ini lucu dan sempurna untuk peran tersebut. Kalau kamu suka aksi, komedi, dan binatang yang bisa berbicara, "Kung Fu Panda" wajib ditonton!

Contoh 2: Rekomendasi Film Petualangan

If you like a bit of adventure with a touch of comedy, I think you would enjoy watching Jumanji, all the 3 series. Each series has its own unique story where the casts got sucked into a game and suddenly become the game avatars. To escape the game, they must navigate a dangerous quest as their game avatars. The movies have amazing cinematography and CGI and are packed with non-stop action, laugh-out-loud moments, and surprisingly heartfelt scenes. The characters' journey of self-discovery and teamwork adds depth to the thrilling plot. The Jumanji series is like a wild ride that delivers excitement and fun, making it a perfect movie if you want to watch it with friends or family.

Kalau kamu suka sedikit petualangan dengan sentuhan komedi, aku rasa kamu akan menikmati menonton Jumanji, ketiga serinya. Setiap seri punya kisah uniknya masing-masing di mana para pemerannya tersedot ke dalam sebuah game dan tiba-tiba menjadi karakter game tersebut. Untuk keluar dari permainan, mereka harus menjalani tantangan berbahaya sebagai karakter game. Film-film ini punya sinematografi dan CGI yang luar biasa dan dikemas dengan aksi tanpa henti, momen-momen yang membuat tertawa terbahak-bahak, dan adegan-adegan yang sangat menyentuh hati. Perjalanan karakter dalam menemukan jati diri dan kerja sama tim menambah kedalaman plot yang mendebarkan. Serial Jumanji ini bak perjalanan liar yang menghadirkan keseruan dan kesenangan, menjadikannya film yang sempurna kalau ingin ditonton bersama teman atau keluarga.

Yay! Akhirnya kita sudah belajar cara menulis ulasan film dalam bahasa Inggris! Sekarang giliranmu membuat ulasan dari film favoritmu ya EFriends!

Yuk nonton film bareng EFriends dan EF teachers! Dengan gabung jadi EF student, kamu tidak hanya belajar bahasa Inggris di kelas, tapi akan ada juga movie time dimana kamu bisa nobar di bioskop bersama teman-teman. Seru nggak sih? Ayo ikut movie time berikutnya dengan mendaftarkan nomor handphonemu di form yang tersedia.

Sampai jumpa di bioskop!