Menu
deep talk
Listening and Speaking

Deep Talk? Ini Arti dan Manfaatnya Buat Kamu

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.07.21

EFriends pasti pernah ngobrol sama teman atau orang terdekat dan tiba-tiba pembicaraan jadi serius banget. Nah, itu yang disebut dengan deep talk! Yuk, ikut Tom cari tahu lebih dalam apa itu deep talk dan kenapa ini penting buat membangun hubungan kamu dengan orang lain!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Istilah deep talk saat ini sangatlah populer. Dalam bahasa Inggris deep talk memiliki arti pembicaraan mendalam. Deep talk juga bertujuan untuk membangun kedekatan emosional dan pemahaman yang lebih dalam antara para peserta percakapan.

topik deep talk

Apa Itu Deep Talk?

Deep talk adalah percakapan yang lebih mendalam dan bermakna dibandingkan obrolan biasa. Dalam deep talk, kamu akan membicarakan topik-topik yang lebih serius dan personal. Misalnya, EFriends bisa ngobrolin tentang mimpi, ketakutan, pandangan hidup, atau masalah yang sedang kamu hadapi. Deep talk juga dapat membantumu memecahkan masalah dengan meminta saran kepada orang lain.

Oiya, deep talk sangat berbeda dari small talk. Perbedaan antara deep talk dan small talk terletak pada kedalaman topik pembicaraan. Small talk adalah percakapan ringan yang biasanya mencakup topik-topik sederhana dan umum seperti cuaca, hobi, atau berita terkini. Tujuan small talk adalah untuk menciptakan suasana yang nyaman, mengisi waktu dan basa-basi saja. Tidak lebih dari itu.

Sangat berbeda sekali kan?

Kenapa Deep Talk Penting?

Sebuah studi dalam jurnal Psychological Science mengungkapkan bahwa orang yang rutin berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain akan merasa kualitas hidupnya lebih baik dan bahagia.

Membangun Kedekatan Emosional

Dengan deep talk, kamu bisa lebih mengenal teman atau orang terdekatmu secara lebih dalam. EFriends jadi tahu apa yang mereka rasakan, pikirkan, dan alami. Ini bisa membuat hubungan kamu jadi lebih kuat dan dekat.

Meningkatkan Keterbukaan

Saat EFriends berani untuk membuka diri dan berbicara tentang hal-hal yang personal, orang lain juga akan merasa lebih nyaman untuk melakukan hal yang sama. Ini bisa menciptakan lingkungan yang penuh kepercayaan dan saling mendukung.

Membantu Menyelesaikan Masalah

Pembicaraan mendalam dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik, dan bahkan dapat membantu orang merasa lebih bahagia. Deep talk juga bisa membantu kamu untuk menemukan solusi dari masalah yang sedang kamu hadapi. Dengan berdiskusi secara mendalam, EFriends bisa mendapatkan perspektif baru dan ide-ide yang mungkin nggak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Meningkatkan Pemahaman Diri

Saat kamu berbicara tentang perasaan dan pemikiranmu, kamu juga akan lebih memahami dirimu sendiri. EFriends bisa mengeksplorasi apa yang sebenarnya kamu inginkan, apa yang membuatmu bahagia, dan apa yang menjadi kekhawatiranmu.

Saat seseorang berbicara tentang hal-hal yang sangat personal, penting untuk tidak menghakimi atau memberikan komentar negatif. Saat melakukan deep talk kam bisa memberikan dukungan emosional dan empati kepada temanmu. Ingat! Agar deep talk berjalan lancar, kamu juga harus berani jujur dan terbuka tentang perasaan dan pemikiranmu sendiri.

Meskipun deep talk sangat bermanfaat, ada kalanya kamu perlu menghindarinya, misalnya saat suasana hati temanmu sedang tidak baik atau di tempat yang kurang nyaman. Pastikan kondisi dan timing-nya pas, ya!

Contoh Topik untuk Memulai Deep Talk

EFriends! Berikut beberapa contoh pertanyaan deep talk yang bisa kamu gunakan saat ingin mengadakan percakapan mendalam dengan teman atau orang terdekatmu:

  • What is your biggest dream in life?
    Apa mimpi terbesar kamu dalam hidup?

  • What are you most afraid of, and why?
    Apa yang paling kamu takuti, dan kenapa?

  • What is one of your happiest memories?
    Apa salah satu kenangan terbahagia kamu?

  • What do you think is the meaning of life?
    Apa yang menurut kamu arti hidup?

  • How do you handle stress and pressure?
    Bagaimana kamu mengatasi stres dan tekanan?

  • What is something you’ve always wanted to do but haven't done yet?
    Apa sesuatu yang selalu ingin kamu lakukan tapi belum terlaksana?

  • How do you define success?
    Bagaimana kamu mendefinisikan kesuksesan?

  • What is a lesson you learned the hard way?
    Apa pelajaran yang kamu pelajari dengan cara yang sulit?

  • What is your biggest regret, and what did you learn from it?
    Apa penyesalan terbesar kamu, dan apa yang kamu pelajari darinya?

  • How do you want to be remembered after you’re gone?
    Bagaimana kamu ingin dikenang setelah kamu tiada?

  • What are your core values, and how do they influence your decisions?
    Apa nilai-nilai utama yang kamu pegang, dan bagaimana nilai-nilai itu memengaruhi keputusanmu?

  • What does friendship mean to you?
    Apa arti persahabatan bagi kamu?

  • If you could change one thing about the world, what would it be?
    Jika kamu bisa mengubah satu hal di dunia ini, apa yang akan kamu ubah?

Dengan beberapa topik di atas, kamu bisa memulai deep talk yang bermakna dan mendalam dengan orang-orang terdekatmu.

Dalam deep talk memang memerlukan keberanian untuk membuka diri, tapi manfaatnya sangat besar untuk hubungan dan pertumbuhan pribadi kamu. Selain itu deep talk juga bisa membuka banyak hal baru dan mempererat hubungan kamu dengan orang-orang terdekat.

Ingin lancar dalam bercerita menggunakan bahasa Inggris? Kamu bisa lho mengikuti kelas percobaan gratis EF! Tentunya dengan metode belajar yang bervariasi dan guru yang profesional, dijamin belajar bahasa Inggris jadi makin menyenangkan dan tidak membosankan. Cukup dengan mengisi nomor telepon pada form di atas, kamu sudah bisa ikut keseruan kelasnya!

Sampai bertemu Tom di kelas ya!