Menu
lomba menulis
Reading and Writing

EF International Literacy Day Competition

2021.07.26

Kamu suka menulis? Ini adalah saatnya kamu menunjukkan keahlianmu pada dunia!

Dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional 2021, EF Kids and Teens menantangmu untuk mengikuti EF International Literacy Day Competition. Kompetisi ini khusus diselenggarakan sebagai wadah bagi kamu para penulis muda di Indonesia.

Tunggu apa lagi? Yuk, ikutan dan menangkan hadiah menarik dengan total jutaan rupiah!

KIRIM TULISANMU SEKARANG!

Simak cara ikutan di bawah ini, yuk!

CARA IKUTAN

1. Pilih salah satu dari tema berikut:

tema kompetisi menulis

Sudah Inggriskah Kamu?

Seberapa baik kamu mengetahui tentang bahasa Inggris? Apa kamu sering berbicara bahasa Inggris di kehidupanmu sehari-hari? Yuk, ceritakan tentang seberapa dalam bahasa Inggris mempengaruhi keseharianmu!

memajukan bahasa inggris di kotamu

Majukan Bahasa Inggris di Kotamu!

Sebagai bahasa global, bahasa Inggris dapat membantu banyak orang untuk membuka wawasan yang lebih luas dan akses pada informasi yang tidak terbatas. Apakah kamu memiliki ide yang menarik untuk membantu orang-orang di kotamu untuk lebih piawai dalam bahasa Inggris? Ceritakan di sini!

internet dan bahasa inggris

Internet X Bahasa Inggris: Peran dalam Kemajuan Literasi

Kehadiran Internet di dunia pendidikan kini mengambil peran penting, terutama dalam peningkatan kemampuan bahasa Inggris pada generasi muda. Apakah hal ini berhubungan dengan peningkatan minat literasi? Ceritakan bagaimana kombinasi internet dan bahasa Inggris dapat meningkatkan minat literasi generasimu.

mengapa bahasa inggris penting

Mengapa Bahasa Inggris Jadi Modal di Masa Depanmu

Mengapa bahasa Inggris begitu penting, terutama untuk masa depanmu? Mengapa bahasa Inggris sebagai bahasa kedua menjadi salah satu faktor kesuksesan di masa depan? Apa kamu mempunyai pengalaman yang ingin kamu sampaikan? Ini saat yang tepat untuk menulisnya!

2. Tulis artikel minimal 1000 kata dalam bahasa Indonesia, dan buat judul yang menarik

3. Publikasikan di website sekolah kamu

4. Kirim ke writing@ef.id dengan email subject:
EF International Literacy Day Competition - Nama Sekolah – Judul artikel

5. Ditunggu paling lambat 25 Agustus 2021!

KRITERIA PEMILIHAN PEMENANG

  1. Pemenang terdiri dari;

    • Juara 1, dipilih berdasarkan poin tertinggi pertama dari akumulasi penilaian dewan juri.

    • Juara 2, dipilih berdasarkan poin tertinggi kedua dari akumulasi penilaian dewan juri.

    • Juara 3, dipilih berdasarkan poin tertinggi ketiga dari akumulasi penilaian dewan juri.

  2. Kriteria pemilihan pemenang dibagi menjadi dua kategori:

    Kategori penilaian utama:

    • Kesesuaian tulisan dengan topik yang dipilih

    • Orisinalitas. Tulisan tidak mengambil mentah-mentah dari publikasi lain baik berupa jurnal, artikel (daring/majalah/koran) atau buku materi lain. Referensi diperbolehkan namun dalam batasan yang wajar

    • EYD (Ejaan yang Disempurnakan) dan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Tulisan ditulis dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik

    • Keakuratan tulisan. Dianjurkan untuk melampirkan referensi yang terpercaya

    Kategori penilaian tambahan (nilai bonus):

    • Ragam materi. Poin tambahan akan diberikan untuk peserta yang melampirkan foto, video, atau rekaman suara yang dapat menambah keragaman artikel yang dibuat

    • Judul. Poin tambahan akan diberikan untuk peserta yang dapat membuat judul menarik yang dapat menarik orang untuk membaca artikel terkait

    • Media sosial. Poin tambahan akan diberikan untuk peserta yang membagikan tautan atau tulisannya di media sosial pribadi masing-masing

  3. Pemenang akan dipilih secara terpisah untuk setiap kota yang berpartisipasi (Lampung, Padang, Makassar dan Semarang). Hadiah untuk pemenang di setiap kota terdiri dari;

SYARAT DAN KETENTUAN UMUM

  1. EF International Literacy Day Competition terbuka untuk umum bagi murid SMA/sederajat yang berlokasi di Lampung, Padang, Makassar dan Semarang. Karyawan EF beserta keluarga intinya tidak dapat mengikuti atau berpartisipasi dalam kompetisi ini.

  2. Tidak dipungut biaya apa pun dalam keikutsertaan EF International Literacy Day Competition dan peserta tidak diwajibkan untuk melakukan transaksi apa pun dengan EF.

  3. Keputusan juri dari tim EF dan panitia EF International Literacy Day Competition bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

  4. Peserta harus mengikuti (follow) akun Instagram @ef_englishfirst.

  5. Peserta harus mempublikasikan hasil tulisannya pada website/situs resmi sekolah peserta masing-masing dengan seiizin pengurus sekolah.

  6. Periode kompetisi dari tanggal 1 – 25 Agustus 2021.

  7. Peserta akan mendapatkan poin dari masing-masing kriteria penilaian yang akan diakumulasi dari penilaian dewan juri.

  8. Dalam satu (1) website/situs milik sekolah, diperkenankan untuk mengikutsertakan lebih dari satu (1) artikel, dengan syarat bahwa tiap artikel dipublikasikan dalam tautan (URL) yang berbeda.

  9. Penentuan pemenang berdasarkan besarnya poin sesuai kriteria yang ada dalam bagian ‘KRITERIA PEMILIHAN PEMENANG’.

  10. Peserta tidak boleh menuliskan kata-kata atau mengimplikasikan hal-hal yang mengandung pornografi, diskriminasi dan SARA.

  11. Peserta wajib melampirkan daftar referensi/sumber jika terdapat materi yang menyadur/mengutip/mengambil fakta ilmiah dari publikasi lain baik yang bersifat tertulis mau pun rekaman video/suara.

  12. Hadiah tidak dapat diuangkan mau pun dipindahtangankan.

  13. Dengan mengikuti kompetisi ini, peserta setuju untuk memberikan EF hak untuk mempublikasikan ulang artikel terkait dalam materi apa pun.

  14. EF tidak bertanggung jawab apabila ditemukan pelanggaran hak cipta (copyright) pada konten yang dikirimkan oleh peserta kompetisi.

  15. EF memiliki kewenangan penuh untuk mengganti hadiah dengan hadiah lain dengan nilai serupa, dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

  16. Hadiah berupa EF Merchandise akan dikirimkan ke alamat sekolah EF terdekat.

  17. Syarat dan Ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

  18. Dengan mengikuti kompetisi ini, peserta menyetujui semua Syarat dan Ketentuan yang berlaku.

Pembaharuan halaman terakhir: 26 Juli 2021