Menu
contoh kalimat empati
Listening and Speaking

Ekspresikan Ketulusanmu Pakai Contoh Kalimat Empati dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.08.07

Saat mendengarkan curhat temanmu, penting untuk merespon dengan baik. Maksudnya adalah dengan penuh empati dan ketulusan. Kalau kamu bingung harus bereaksi seperti apa, Tom punya beberapa contoh kalimat empati berbahasa Inggris dan Indonesia yang bisa kamu pakai.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Perbedaam Simpati dan Empati

empathy

Sebelum itu, apakah kamu sudah paham perbedaan simpati dan empati, EFriends? Keduanya memang sama-sama berbicara soal perasaan manusia dalam hubungan sosial, tapi sebenarnya berbeda.

Simpati adalah perasaan kasihan atau iba terhadap apa yang terjadi pada orang lain, tanpa bisa memahami apa yang dirasakan orang tersebut. Kalau empati artinya kamu mampu memahami apa yang dirasakan orang lain, kamu seolah merasakan apa yang orang lain rasakan. Ibarat buah jeruk, simpati adalah kulit luarnya, sementara empati adalah lapisan yang lebih dalam.

Cara Menyampaikan Empati dengan Tulus

Tahukah kamu kalau ketulusan bisa dirasakan oleh orang lain? Ada beberapa poin yang bisa menunjukkan ketulusanmu saat mendengarkan curhatan orang lain.

1. Jadi pendengar aktif

Kamu tahu kan apa itu pendengar aktif? Yup, orang yang fokus memperhatikan ucapan lawan bicaranya. Singkirkan ponselmu, jaga kontak mata, dan anggukkan kepalamu atau menggumam sesekali untuk menunjukkan bahwa kamu mendengarkan. Sebisa mungkin, hindari menyela saat temanmu sedang bercerita ya

2. Simpulkan cerita mereka

Saat temanmu selesai bercerita, respon dengan merangkum cerita mereka agar menunjukkan kalau kamu paham apa yang diceritakan. Cara ini juga bagus untuk memberi temanmu kesempatan mengklarifikasi hal yang diperlukan.

3. Validasi perasaan mereka:

Akui dan terima emosi temanmu tanpa menghakimi. Validasi yang kamu berikan menunjukkan bahwa kamu menghargai perasaan mereka, meskipun kamu tidak selalu setuju dengan mereka.

4. Tawarkan bantuan

Tunjukkan bahwa kamu ada untuk mereka dan mau membantu kalau diperlukan. Dari sisi orang yang curhat, kadang-kadang sekadar mengetahui bahwa seseorang peduli bisa sangat menenangkan buat mereka. Eits, tetap ketahui batasmu ya EFriends sebelum menawarkan bantuan.

Contoh Kalimat Empati

Simpati dan empati pun diekspresikan dengan kalimat yang berbeda, EFriends. Ada expression of sympathy yang sudah pernah Tom bahas di artikel sebelumnya, ada juga expression of empathy yang akan Tom bagikan ke kamu sekarang.

  • “It sounds like you’re feeling overwhelmed with your homework. Is that right?” ("Sepertinya kamu merasa kewalahan dengan PR-mu. Apa benar?")

  • “I can see why you’d feel frustrated about the situation. It makes sense given what you’re going through.” ("Aku ngerti kenapa kamu merasa frustrasi dengan situasi ini. Wajar saja mengingat apa yang sedang kamu alami.")

  • “If there’s anything I can do to help, please let me know. I’m here for you.” ("Kalau ada yang bisa aku bantu, beri tahu aku. Aku di sini untukmu.")

  • “I’m so proud of you for being accepted to that club! You’ve worked so hard, and it’s paying off.” (“Aku sangat bangga padamu karena diterima di klub itu! Kamu telah bekerja keras, dan itu membuahkan hasil.”)

  • “I understand that the recent changes have been challenging. Let’s work together to find solutions that make the transition smoother for everyone.” (“Saya paham bahwa perubahan baru-baru ini menantang. Mari bekerja sama untuk menemukan solusi yang membuat transisi lebih lancar bagi semua orang.”)

Skenario 2: Kalah dalam lomba

Parafease keluhan mereka:

“It sounds like you’re feeling discouraged about losing in the competition.” (“Kedengarannya kamu merasa putus asa karena kalah dalam kompetisi.”)

Validasi perasaan mereka:

“It's completely understandable to feel this way. Losing in a competition after a while is a huge change, and feeling upset about it is okay.” (“Sangat wajar untuk merasa seperti ini. Kalah dalam kompetisi setelah beberapa lama adalah perubahan besar, dan merasa kesal karenanya adalah hal yang wajar.”)

Tawarkan bantuan:

“I’m here for you. I'm happy to assist if you need someone to talk to or help with setting a new practice schedule.” (“Aku di sini untukmu. Aku senang membantu kalau kamu butuh teman bicara atau membantu mengatur jadwal latihan baru.”)

Itulah beberapa contoh kalimat empati dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan di berbagai situasi saat temanmu curhat. Semoga bisa membantumu ya, EFriends.

Kalau ada temanmu yang curhat karena malu nggak jago bahasa Inggris, langsung saja ajak buat ikut kelas percobaan gratis EF yang bisa diikuti di semua sekolah EF di Indonesia. Karena kuota setiap bulan terbatas, kamu bisa daftar duluan dengan mengisi form yang ada di halaman ini.

Sampai jumpa di EF ya!