Menu
grateful artinya
Reading and Writing

Ekspresikan Rasa Syukurmu dengan Thankful, Grateful, dan Blessed

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.05.20

EFriends! Pernahkah kalian merasa bersyukur atas sesuatu dalam hidup? Baik itu hal kecil seperti makanan yang lezat atau pencapaian besar seperti menang lomba? Nah, rasa syukur merupakan salah satu emosi positif yang penting untuk kita jaga. Lalu bagaimana mengucap syukur dalam bahasa Inggris?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Dalam Bahasa Inggris, ada beberapa kata yang bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur, yaitu thankful, grateful, dan blessed. Meskipun ketiga kata ini memiliki makna yang sama, yaitu "bersyukur", namun ada sedikit perbedaan dalam penggunaannya

apa itu thankful

Thankful

Pertama, kata thankful digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur atas sesuatu yang spesifik. Biasanya diikuti dengan preposisi "for" untuk menunjukkan apa yang EFriends syukuri. Contohnya:

  • I am thankful for my family.
    Aku bersyukur atas keluargaku.

  • She is thankful for the opportunity to study abroad.
    Dia bersyukur atas kesempatan untuk belajar di luar negeri.

Grateful

Kedua, kata grateful memiliki makna yang lebih luas daripada thankful. Kata ini digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur atas segala hal baik dalam hidup, baik itu hal yang spesifik maupun yang tidak. Grateful juga bisa menunjukkan rasa penghargaan atas kebaikan orang lain. Contohnya:

  • I am grateful for my life.
    Aku bersyukur atas hidupku.

  • I am grateful to my friends for their support.
    Aku bersyukur kepada teman-temanku atas dukungan mereka.

Blessed

Terakhir, kata blessed memiliki makna yang lebih religius daripada thankful dan grateful. Kata ini digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur atas berkat yang diterima dari Tuhan. Blessed juga bisa menunjukkan rasa bahagia dan puas dengan apa yang dimiliki. Contohnya:

  • I feel blessed to have you in my life.
    Aku merasa diberkati memiliki kamu dalam hidupku.

  • She is blessed with a loving family and good health.
    Dia diberkati dengan keluarga yang penuh kasih dan kesehatan yang baik.

Tips untuk Menumbuhkan Rasa Syukur

  • Pertama, luangkanlah waktu untuk merenungkan hal-hal yang kamu syukuri. Kamu bisa menulisnya dalam jurnal harianmu atau ceritakan kepada orang terdekatmu.

  • Lakukan hal-hal baik untuk orang lain. Membantu orang lain dapat meningkatkan rasa syukur dan kebahagiaan.

  • Kemudian, hindarilah melakukan perbandingan sosial. Fokuslah pada apa yang kamu miliki, bukan apa yang dimiliki orang lain.

  • Terkahir, berlatih mindfulness. Mindfulness membantu kamu untuk lebih fokus pada masa kini dan menghargai hal-hal yang ada di sekitarmu.

Thankful, grateful, dan blessed adalah tiga kata yang bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur. Masing-masing kata memiliki makna dan penggunaannya sendiri. Karena kamu sekarang sudah tahu contoh kalimatnya jangan lupa untuk terus belajar dan berlatih menggunakannya dalam percakapan bahasa Inggris sehari-harimu!

Nah, Jika EFriends membutuhkan bantuan untuk belajar bahasa Inggris, kamu bisa lho mencoba kelas gratis EF! Ada beragam metode belajar menyenangkan yang akan membuatmu semangat belajar bahasa Inggris. Cukup dengan mengisi nomor telepon pada laman ini, kamu sudah bisa mencoba kelas gratisnya sekarang juga!

Ikuti keseruan kelasnya ya!