Menu
eat arti
Listening and Speaking

Idiom Bahasa Inggris dengan Kata "Eat" untuk Percakapanmu!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.08.13

Kali ini Tom nggak cuma ngomongin soal makanan, tapi juga tentang idiom-idiom dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata "eat". Siapa tahu, setelah membaca ini, kamu bisa langsung mempraktikkannya dan jadi makin jago bahasa Inggris! Yuk, langsung simak!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Secara harfiah, kata "eat" dalam Bahasa Indonesia berarti "makan". Namun, jika ditambahkan kata lain dan digunakan sebagai idiom, maka kata "eat" bisa memiliki berbagai makna yang berbeda. Berikut ini beberapa idiom bahasa Inggris yang menggunakan kata "eat".

idiom eat

A Bite to Eat (Makan Camilan)

Pertama, "a bite to eat" memiliki makna "memakan camilan". Kalau kamu mendengar seseorang bilang, "Let's grab a bite to eat," itu artinya mereka mengajak kamu untuk makan sesuatu, biasanya camilan atau makanan ringan. Jadi, kalau perut sudah keroncongan, kamu bisa bilang, "I need a bite to eat!" yang artinya "aku perlu makan camilan".

Eat Like a Horse (Banyak Makan)

Idiom ini menggambarkan seseorang yang makan dalam porsi besar, seperti kuda. Misalnya, "John eats like a horse, he finished three plates of pasta!" Artinya, ''John makan sangat banyak, dia menghabiskan tiga piring pasta''.

Eat Your Words (Menelan Kata-Kata Sendiri)

Nah, ini idiom yang seru. "Eat your words" artinya kamu harus menarik kembali apa yang sudah kamu katakan karena ternyata salah. Contoh: "She said I couldn’t do it, but now she has to eat her words because I succeeded!" Artinya, "Dia bilang aku tidak bisa melakukannya, tapi sekarang dia harus menelan kata-katanya karena aku berhasil!”

Eat Like a Bird (Makan yang Sedikit)

Kebalikan dari "eat like a horse," idiom ini digunakan untuk menggambarkan makan yang sangat sedikit. Misalnya, "She eats like a bird, just a small salad for lunch." artinya, dia makan sangat sedikit, hanya sedikit salad untuk makan siang"

Eat Crow (Mengakui Kesalahan)

Kamu pernah membuat kesalahan besar dan harus mengakui kesalahan itu dengan rasa malu? Nah, itulah yang disebut "eat crow." "eat crow" memiliki makna "mengakui bahwa seseorang salah atau menerima bahwa seseorang telah dikalahkan" Contoh: "After boasting he would win, he had to eat crow when he lost the game." Artinya, "Setelah membual bahwa ia akan menang, dia haru mengakui kekalahannya ketika kalah dalam permainan".

Dog Eat Dog (Persaingan yang Ketat/Kejam)

Idiom ini menggambarkan situasi yang sangat kompetitif dan keras, di mana orang-orang berjuang keras untuk mencapai tujuan mereka, sering kali dengan cara yang tidak adil. Contoh: "In the business world, it’s a dog eat dog environment." Artinya, "Di dunia bisnis, persaingan sangatlah kejam".

Eat Your Fill (Makanlah Sampai Kenyang)

Kalau kamu mendengar seseorang bilang, "Eat your fill," itu artinya makan sampai kenyang. Misalnya, "There’s plenty of food, so eat your fill!" Artinya, "Ada banyak makanan, makanlah sampai kenyang".

Nah, EFriends, sekarang kalian sudah tahu beberapa idiom keren yang menggunakan kata "eat". Yuk, coba gunakan idiom-idiom ini dalam percakapan sehari-hari kalian biar makin jago bahasa Inggrisnya! Jangan lupa, praktek terus ya!

Ingin bisa berbahasa inggris layaknya native speaker? Kamu bisa lho mengikuti kelas percobaan gratis EF! Tentunya dengan metode belajar yang bervariasi dan guru yang profesional, dijamin belajar bahasa Inggris jadi makin menyenangkan dan tidak membosankan. Cukup dengan mengisi nomor telepon pada form di atas, kamu sudah bisa ikut keseruan kelasnya!

Sampai bertemu Tom di kelas ya!