Menu
sekolah
News and Lifestyle

Ini Cara Membuat Si Kecil Selalu Semangat Berangkat ke Sekolah

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.07.19

Apakah anak sering mengeluh setiap kali harus berangkat sekolah? Mereka merasa malas, lesu, bahkan sulit bangun dari tempat tidur. Nah, jangan khawatir! Ada beberapa tips untuk membuat anak semangat pergi ke sekolah. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sebelum melangkah lebih jauh, agar Senin pagi lebih lancar, ajak anak Anda untuk menyiapkan semua perlengkapan sekolah di Minggu malam. Mulai dari mengemas tas, menyiapkan seragam, hingga mengecek jadwal pelajaran. Dengan persiapan yang matang, anak Anda tidak perlu terburu-buru di pagi hari dan bisa berangkat ke sekolah dengan tenang.

olahraga berenang

Ajak Bersenang-senang di Hari Minggu

Buatlah hari Minggu menjadi momen spesial bagi si kecil. Ajak mereka beraktivitas yang menyenangkan, seperti bermain di taman, menonton film favorit, atau mengunjungi tempat wisata. Hindari kegiatan yang membuat mereka terlalu lelah, agar mereka siap untuk memulai minggu baru dengan penuh energi.

Buat Bekal dan Sarapan Spesial untuk Anak

Anak-anak pasti akan lebih semangat berangkat ke sekolah jika mereka tahu ada bekal dan sarapan spesial yang menanti. Siapkan sarapan yang berbeda dari biasanya, seperti pancake dengan topping buah segar, smoothie bowl atau sandwich lucu dengan bentuk menarik. Untuk bekal, coba buatkan makanan favorit anak dengan sentuhan spesial, seperti bento kreatif. Dengan cara ini, anak akan merasa lebih bersemangat menghadapi hari-hari.

Rencanakan Kegiatan Menarik Setelah Pulang Sekolah

Beri anak motivasi untuk menyelesaikan hari Senin dengan baik dengan merencanakan kegiatan menarik setelah pulang sekolah. Misalnya, ajak mereka untuk bermain di taman, pergi ke perpustakaan, atau menonton film favorit di rumah. Dengan memiliki sesuatu yang dinanti-nanti, anak akan lebih bersemangat bersekolah

Ajak Anak Berbicara tentang Perasaannya

Terkadang, anak merasa malas ke sekolah karena ada masalah tertentu yang mereka hadapi. Ajak anak berbicara tentang perasaannya dan cari tahu apa yang membuat mereka tidak bersemangat. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa membantu mereka mengatasi masalah tersebut dan memberikan solusi yang tepat.

Pastikan Anak Cukup Tidur

Selain hal di atas, yang paling penting adalah anak tidak kekurangan waktu tidur. Anak yang kurang tidur cenderung malas dan sulit bangun pagi. Tidur yang cukup adalah kebutuhan penting untuk memastikan anak memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk pergi ke sekolah dengan semangat. EF Parents bisa menciptakan rutinitas tidur yang teratur, misalnya dengan menentukan jam tidur dan bangun yang sama setiap hari, bahkan saat weekend. Hindari kegiatan yang membuat anak begadang seperti menonton televisi atau bermain gadget terlalu larut malam.

Dengan mencoba tips-tips ini, EF Parents dapat menciptakan pagi hari yang lebih menyenangkan dan produktif bagi anak-anak. Kegiatan-kegiatan ini juga akan membantu anak merasa lebih termotivasi dan bersemangat untuk berangkat sekolah setiap hari, apalagi setelah libur sekolah yang panjang. Sudah siap kembali ke sekolah?

Tahun ajaran baru, momen yang pas untuk anak jadi makin jago bahasa Inggris! Jika ingin melatih kemampuan berbahasa Inggris anak sejak kecil, EF bisa membantu! Di EF, belajar bahasa Inggris dilakukan dengan metode belajar yang bervariasi, sehingga proses belajar di kelas jadi tidak membosankan dan seru. Dipandu oleh guru profesional dan berpengalaman, belajar jadi lebih menyenangkan. Yuk ajak si kecil untuk ikuti kelas percobaan gratis EF! Dan ikuti keseruan kelasnya!

Sampai bertemu di kelas ya!