Menu
public speaking
Listening and Speaking

Jadi Pembicara Hebat? Ini Metode Public Speaking yang Wajib Kamu Tahu

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.07.02

Kamu ingin jadi pembicara yang keren dan bisa membuat semua orang terpukau dengan kata-katamu? Yuk, ikut Tom membahas metode public speaking yang bisa bikin EFriends jadi pusat perhatian di setiap kesempatan! Nah, berikut ini adalah beberapa metode public speaking yang bisa kamu coba. Ada metode memoriterr, impromptu dan lain-lain.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Public speaking itu penting banget, apalagi buat kamu yang masih sekolah dan sering harus tampil di depan kelas seperti melakukan presentasi tugas atau mengumumkan sesuatu. Selebelumnya, latihan yang rutin, kontak mata, gestur tubuh, dan percaya diri adalah kunci utama untuk menguasai semua metode ini.

presentasi sekolah

Metode Impromptu atau Ad Libitum

Metode impromptu adalah saat kamu harus berbicara tanpa persiapan sebelumnya. Bisa jadi saat EFriends tiba-tiba ditunjuk untuk berbicara di depan banyak orang. Tantangannya memang besar, tapi kamu bisa mengatasinya dengan latihan. Cobalah berbicara tentang topik-topik sederhana sehari-hari dengan teman atau keluarga. Ini akan melatih kamu berpikir cepat dan berbicara lancar tanpa persiapan.

Metode Reading Manuscript (Membaca Naskah)

Kalau kamu nggak mau ada kesalahan sama sekali dalam penyampaian, metode ini bisa jadi pilihan. EFriends tinggal membaca teks yang sudah disiapkan sebelumnya. Namun, pastikan kamu tetap menjaga kontak mata dengan audiens dan memberikan intonasi yang menarik agar nggak terkesan monoton. Kamu bisa menandai bagian-bagian penting di naskahmu agar lebih mudah memberikan penekanan saat membacanya.

Metode Memoriter atau Hafalan

Metode ini cocok buat EFriends yang suka menghafal. Kamu mempersiapkan dan menghafal seluruh isi pidato sebelum tampil. Kelebihannya, EFriends bisa berbicara dengan lancar tanpa tergantung pada teks. Namun, pastikan kamu tetap berlatih intonasi dan ekspresi agar pidatomu nggak terdengar kaku. Kamu juga bisa berlatih di depan cermin atau meminta teman untuk mendengarkan dan memberikan masukan.

Metode Extempore

Metode extempore ini adalah metode di mana kamu berbicara dengan bantuan catatan kecil. EFriends hanya menulis poin-poin penting yang akan dibahas di sebuah kertas kecil. Metode ini memungkinkan kamu untuk berbicara lebih natural dan interaktif dengan audiens. Dengan ini, EFriends tetap bisa mengembangkan ide-ide secara spontan sambil tetap memiliki panduan dari catatanmu. Latihlah cara ini dengan membuat catatan singkat tentang topik yang akan dibicarakan dan cobalah berbicara berdasarkan poin-poin yang EFriends telah buat.

Nah, EFriends, itulah empat metode public speaking yang bisa kamu coba. Pilih metode yang paling cocok untukmu dan latihlah secara rutin. Ingat, EFriends, public speaking adalah keterampilan yang bisa dipelajari dan ditingkatkan dengan latihan. Dengan tekun berlatih, kamu bisa menjadi pembicara yang menginspirasi dan percaya diri.

Ingin makin lancar dalam berbicara bahasa inggris? Kamu bisa lho mengikuti kelas percobaan gratis EF! Selain belajar speaking, ada berbagai kegiatan menyenangkan yang dipandu oleh guru profesional. Tentunya dengan metode belajar yang bervariasi, dijamin belajar bahasa Inggris jadi makin menyenangkan dan tidak membosankan. Cukup dengan mengisi nomor telepon pada form di atas, kamu sudah bisa ikut keseruan kelasnya!

Sampai bertemu Tom di kelas ya!