Menu
hewan koala
News and Lifestyle

Koala, Hewan Lucu yang Penuh Fakta Unik!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.05.27

EFriends! Australia adalah salah satu negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka. Selain itu, Australia juga punya satwa endemik yang jadi icon dari negera tersebut, ada kanguru dan koala. Kali ini, ikut Tom membahas fakta menarik yang hanya dimiliki oleh hewan koala ya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pernahkah kalian melihat hewan menggemaskan dengan bulu tebal berwarna abu-abu dan hitam, serta hidung besar yang lucu? Yap, mereka adalah koala, hewan marsupial yang menjadi ikon dari benua Australia.

Di balik wajah menggemaskan mereka, koala menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk diketahui. Penasaran? Yuk, simak beberapa fakta menarik tentang koala berikut ini!

baby koala

Spesialis Pemakan Daun Eukaliptus

Berbeda dengan kebanyakan hewan herbivora, koala hanya memakan daun eukaliptus. Daun eukaliptus mengandung racun yang berbahaya bagi hewan lain, tapi koala memiliki sistem pencernaan khusus yang dapat menetralisir racun tersebut. Faktanya, koala memakan hingga 1 kilogram daun eukaliptus setiap hari!

Pemanjat Pohon yang Mahir

Koala menghabiskan sebagian besar waktunya di atas pohon eukaliptus. Cakarnya yang tajam dan kuat membantu mereka memanjat dan berayun dengan lincah di antara dahan-dahan. Ekornya yang pendek dan tebal juga membantu mereka menjaga keseimbangan saat memanjat.

Kantung Pelindung Bayi yang Unik

Seperti marsupial lainnya, koala memiliki kantung untuk melindungi dan merawat bayinya. Bayi koala yang baru lahir disebut joey. Joey adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk menyebut bayi koala. Joey juga digunakan untuk menyebut semua bayi berkantung, seperti koala, kanguru, wombat, wallabies, dan oppossum. Joey ini sangatlah kecil dan belum memiliki bulu. Bayi koala akan tinggal di dalam kantung induknya selama sekitar 6 bulan, menyusu dan belajar bertahan hidup.

Hewan yang Malas yang Selalu Waspada

Koala terkenal dengan sifatnya yang malas. Mereka menghabiskan 20 jam sehari untuk tidur atau beristirahat. Hal ini karena daun eukaliptus yang mereka makan mengandung sedikit energi. Namun, koala tetap waspada terhadap predator, seperti dingo dan ular.

Mempunyai Sidik Jari yang Mirip Manusia

Fakta menarik lainnya tentang koala adalah sidik jari mereka yang mirip dengan manusia. Sidik jari koala bahkan begitu mirip sehingga sulit dibedakan dengan sidik jari manusia!

Meskipun menggemaskan, koala saat ini dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah. Hal ini disebabkan oleh hilangnya habitat, penyakit, dan perburuan. Kita perlu bersama-sama menjaga kelestarian koala dan habitatnya agar mereka dapat terus hidup.

EFriends, apakah kamu tertarik berkunjung ke Australia untuk melihat koala secara langsung? Pasti seru sekali!

Sebelum pergi ke Australia, kamu harus bisa menggunakan bahasa Inggris agar memudahkanmu berkomunikasi dengan para zoo keeper! Caranya? Tentu saja dengan belajar bahasa Inggris! Kamu bisa mencoba kelas gratis EF lho! Cukup dengan mengisi nomor telepon pada laman ini, kamu sudah bisa mencoba kelas gratisnya sekarang juga!

Sampai bertemu Tom di kelas ya!