Menu
cara memilih buku
Reading and Writing

Memilih Buku Bacaan yang Tepat dengan Metode I-Pick

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.06.03

EFriends, siapa yang kalau pergi ke toko buku atau perpustakaan suka lama berdiri di depan rak buku? Memilih buku bacaan yang tepat itu penting, lho! Penasaran caranya? Yuk, ikut Tom untuk cari tahu caranya ya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kenapa sih memilih buku yang tepat sangat penting? Karena, jika EFriends memilih buku yang menarik dan bisa kamu mengerti, pasti pengalaman bacamu jadi lebih menyenangkan dan berkesan. Nah, kali ini kita akan belajar tentang metode I-Pick yang membantumu memilih buku bacaan yang sesuai!

manfaat berpikir cepat

I - I choose my book (Aku memilih buku)

Sebelum melangkah ke rak buku, yuk luangkan waktu sejenak untuk bertanya pada diri sendiri kenapa hari ini kamu ingin memilih buku. Apa tujuanmu membaca? Apakah sekadar ingin bersenang-senang, mencari informasi untuk tugas sekolah, atau justru sedang ingin belajar sesuatu yang baru? Mengetahui alasanmu membaca akan memudahkanmu untuk memilih kategori buku yang tepat.

P - Purpose (Tujuan)

Setelah mengetahui alasanmu membaca, langkah selanjutnya adalah memikirkan tujuan memilih buku tersebut. Misalnya, kalau EFriends sedang penat setelah seharian belajar dan ingin bersantai, kamu mungkin mencari buku cerita yang ringan dan lucu, atau novel fantasi yang penuh dengan petualangan seru.

Sedangkan jika EFriends sedang mengerjakan tugas sekolah, kamu mungkin akan memilih buku ensiklopedia atau buku berkaitan dengan pelajaran.

I - Interest (Ketertarikan)

Memilih buku yang sesuai dengan minatmu adalah hal yang penting! Pikirkan apa yang EFriends sukai atau topik apa yang sedang ingin kamu pelajari. Apakah EFriends pecinta fiksi ilmiah yang suka berimajinasi tentang luar angkasa? Atau mungkin EFriends lebih tertarik dengan misteri dan teka-teki? Rak buku perpustakaan atau toko buku biasanya dikelompokkan berdasarkan genre atau tema. Dengan mengetahui minatmu, EFriends bisa langsung menuju ke bagian yang sesuai, sehingga menghemat waktu dan energimu.

C - Comprehend (Memahami)

Apakah kamu bisa mengerti isi buku tersebut? Ini merupakan langkah yang penting selanjutnya! EFriends bisa memulai dengan mengambil beberapa buku yang menarik perhatianmu, lalu buka halaman awal atau baca blurb (sinopsis) di bagian belakang buku.

Perhatikan apakah kamu mengerti kata-kata yang digunakan dan bisa memahami gambar atau ilustrasi yang ada di dalamnya. Jika EFriends menemukan terlalu banyak kata yang tidak kamu mengerti, mungkin buku itu terlalu sulit untukmu saat ini. Jangan berkecil hati! Coba cari buku lain yang temanya masih berhubungan, tapi menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami.

K - Know (Pengetahuan)

Apakah EFriends memiliki cukup pengetahuan dasar untuk memahami isi buku? Mengerti konsep dasar yang dibahas dalam buku akan membuat proses membaca menjadi lebih lancar dan menyenangkan. Jika EFriends merasa kekurangan informasi terkait buku yang kamu pilih, Jangan khawatir! EFriends selalu bisa mencari informasi tambahan dari buku lain atau internet untuk menambah pengetahuan dasarmu sebelum memulai buku baru.

Dengan menggunakan metode I-Pick secara bertahap, EFriends bisa memilih buku bacaan yang tepat dan menyenangkan! Selamat mencoba, EFriends! Selain itu, biasakan juga untuk melihat review atau rekomendasi buku dari teman atau sumber terpercaya sebelum memilih buku bacaan.

Jika EFriends membutuhkan bantuan dalam mengasah kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa lho ikut kelas percobaan gratisnya EF! Di sini kamu belajar bahasa dan dipandu oleh guru yang menyenangkan! Tunggu apalagi? Sekarang juga kamu bisa ikut kelas gratisnya dan rasakan keseruan kelasnya!

Tom tunggu di kelas ya!