Menu
menu brunch
Grammar and Vocabulary

Mengenal Istilah Brunch dalam Bahasa Inggris dan Rekomendasi Menu Brunch

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.06.20

Bagi kamu pencinta makanan, pasti tidak asing dengan istilah "brunch". Jika kamu pernah mendengar istilah tersebut sebelumnya, apakah kamu tahu arti dari "brunch"? Betul! Brunch artinya breakfast and lunch. Yuk lihat penjelasan detailnya dari Tom ya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Saat ini istilah "brunch" sedang naik daun. Saat kamu berkunjung ke restoran, beberapa diantaranya pasti memiliki menu khusus yang hanya tersedia pada saat brunch. Hal ini ada karena semakin meningkatnya intensitas kesibukan kita sehingga sering melewatkan sarapan di pagi hari.

idiom kebersihan

Apa itu Brunch?

Brunch, merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu penggabungan dari kata breakfast dan lunch seperti yang sudah Tom sampaikan di atas. Kalau dalam bahasa Indonesia, brunch bisa diartikan menjadi sarapan siang. Istilah ini pertama kali dipopulerkan oleh seorang penulis, yaitu Guy Beringer, pada tahun 1895. Pada awalnya, brunch lebih dikenal sebagai makanan ringan yang disajikan pada jam-jam tertentu di antara waktu sarapan dan makan siang.

Biasanya, brunch dilakukan antara jam 10 pagi hingga 1 siang. Dulu, brunch hanya dilakuin saat akhir pekan sebagai rekreasi atau untuk sekedar bersantai. Sekarang, brunch sudah seperti kebiasaan sehari-hari, dan nggak cuma dilakukan saat akhir pekan.

Rekomendasi Menu untuk Brunch

Brunch adalah waktu yang tepat untuk memanjakan diri dengan hidangan lezat dan bersantai bersama teman atau keluarga. Berbeda dengan sarapan yang biasanya ringan dan makan siang yang cenderung berat, brunch menawarkan pilihan menu yang lebih fleksibel dan beragam.

Pancake atau Waffle

Waffle atau pancake, merupakan menu simpel yang bisa kamu santap ketika brunch. Kamu bisa menambahkan berbagai topping favoritmu, seperti sirup maple, madu, buah-buahan segar, whipped cream, cokelat leleh, atau kacang-kacangan renyah. Selain itu kamu bisa menambahkan topping gurih, seperti mencoba kombinasi seperti ayam goreng dengan saus maple pedas, telur dadar dengan keju dan alpukat, atau salmon dengan krim keju.

French Toast

Roti tawar yang direndam dalam campuran telur, susu, dan kayu manis, kemudian digoreng hingga keemasan. French toast biasanya disajikan dengan sirup maple, buah-buahan segar, dan whipped cream. Kamu juga bisa menambahkan sentuhan unik dengan topping seperti saus karamel, granola, atau yoghurt.

Roti Bakar

Roti bakar adalah pilihan brunch yang mudah dan praktis. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis roti, seperti roti tawar, roti gandum, atau roti sourdough. Untuk topping, kamu bisa memilih selai kacang dan pisang, alpukat tumbuk dengan telur rebus, selai stroberi dengan keju, atau selai cokelat dengan irisan pisang.

Omelet

Omelet adalah telur dadar yang diisi dengan berbagai macam bahan. Omelet biasanya lebih tebal dan padat dibandingkan telur dadar. Kamu bisa mencoba omelet dengan isian seperti daging asap, jamur, dan keju, omelet dengan feta, bayam, dan tomat, atau omelet dengan salmon asap, krim keju

Salad

Salad adalah pilihan brunch yang sehat dan menyegarkan. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis sayuran seperti bayam, selada romaine, atau kale, protein seperti ayam panggang, salmon asap, atau tempe, dan dressing favoritmu, seperti vinaigrette lemon, balsamic vinegar, atau yogurt.

Selain pilihan menu di atas kamu juga bisa mencoba gado-gado, ketoprak, atau lontong sayur sebagai pilihan menu untuk brunch. Tak lengkap jika makan tanpa minuman. Kamu bisa menggabungkan salah satu menu di atas dengan minuman favoritmu, seperti kopi, teh, jus, ataupun susu.

Nah, sekarang kamu sudah mengenal apa itu brunch dan beberapa rekomendasi menu brunch yang bisa dicoba. Brunch bisa menjadi waktu makan yang seru dan menyenangkan, apalagi jika dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

EFriends mau bahas apa lagi? Jika kamu masih membutuhkan bantuan dalam belajar bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti kelas percobaan gratis EF! Dipandu oleh guru profesional dengan metode belajar yang bervariasi, dijamin belajar jadi makin menyenangkan.

Sampai bertemu di kelas ya