Menu
britania raya
Listening and Speaking

Seru! Kenali Aksen-Aksen Keren di Britania Raya yang Bikin Kamu Terpukau!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.06.25

EFriends, pernahkah kamu terpukau dengan aksen bahasa Inggris keren di film-film seperti Harry Potter atau Paddington? Atau, kamu penasaran dengan cara orang Inggris berbicara di kehidupan sehari-hari? Nah, tahukah kamu bahwa di Britania Raya atau Negara Inggris, terdapat banyak sekali jenis aksen yang bikin bahasa Inggris semakin berwarna?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Berbeda dengan aksen Amerika yang cenderung lebih seragam, bahasa Inggris di Britania Raya memiliki kekayaan variasi yang luar biasa. Bayangkan, ada lebih dari 30 aksen utama yang tersebar di seluruh negeri! Mau tahu apa saja aksen-aksen unik itu? Yuk, simak perjalanan seru Tom menjelajahi beberapa keragaman aksen di Britania Raya!

received pronunciation

Aksen Received Pronunciation (RP)

Aksen Received Pronunciation, atau sering disebut RP, adalah aksen yang paling dikenal sebagai "aksen Inggris yang benar". Biasanya, aksen ini digunakan oleh penyiar BBC dan sering disebut juga sebagai aksen "Raja dan Ratu". Aksen ini terdengar sangat formal dan elegan. Kalau EFriends pernah nonton film Harry Potter, aksen RP ini digunakan oleh karakter seperti Hermione Granger!

Aksen Cockney

Cockney adalah aksen yang berasal dari London Timur. Aksen ini terkenal dengan logat dan kosakata yang unik. Contohnya, "water" dalam aksen Cockney diucapkan seperti "waw-tah". Cockney juga punya rima yang khas, misalnya "apples and pears" yang artinya "stairs" (tangga). EFriends bisa dengar aksen ini di film seperti Mary Poppins dan karakter-karakter di EastEnders.

Aksen Scouse

Aksen Scouse adalah aksen yang digunakan oleh orang-orang dari Liverpool. Aksen ini punya irama yang khas dan terdengar sangat ceria. Salah satu ciri khas aksen Scouse adalah cara mereka mengucapkan huruf "r" dan "k". EFriends tahu nggak, anggota band legendaris The Beatles seperti John Lennon dan Paul McCartney juga berbicara dengan aksen Scouse!

Aksen Geordie

Geordie adalah aksen yang berasal dari Newcastle di Inggris bagian utara. Aksen ini terkenal dengan suara yang ramah dan hangat. Kata-kata dalam aksen Geordie seringkali dipendekkan, misalnya "howay" yang artinya "ayo" atau "gannin" yang berarti "pergi". EFriends bisa mendengar aksen ini dalam acara televisi seperti Geordie Shore.

Aksen Scottish

Aksen Scottish berasal dari Skotlandia dan punya banyak variasi. Aksen ini terkenal dengan pengucapan huruf "r" yang kuat dan nada bicara yang tinggi. Salah satu tokoh terkenal dengan aksen Scottish adalah aktor Sean Connery, pemeran utama film James Bond. Kalau EFriends nonton film Disney Pixar "Brave", kalian bisa mendengar aksen Scottish yang kental di sana.

Aksen Welsh

Aksen Welsh berasal dari Wales dan terdengar sangat lembut dan musikal. Aksen ini unik karena dipengaruhi oleh bahasa Welsh yang juga digunakan di daerah tersebut. Aksen Welsh seringkali terdengar seperti bernyanyi, loh! Coba deh dengarkan aktor terkenal Michael Sheen atau penyanyi Tom Jones yang berbicara dengan aksen Welsh.

Aksen Irish

Walaupun Irlandia Utara adalah bagian dari Britania Raya, aksen Irish mereka sangat khas dan berbeda. Aksen ini terkenal dengan melodi yang mengalun dan cara pengucapan yang unik. Kata-kata sering diucapkan dengan nada naik turun, membuat aksen ini terdengar sangat indah. Aktor terkenal seperti Liam Neeson dan penyanyi Niall Horan punya aksen Irish yang khas.

Itulah beberapa aksen keren dari Inggris yang bisa EFriends pelajari dan dengarkan. Setiap aksen punya keunikan dan keindahannya sendiri. Kalau EFriends tertarik, coba dengarkan lebih banyak film, acara TV, atau musik dari Britania Raya untuk mengenali lebih banyak aksen seru lainnya. Siapa tahu, suatu hari nanti EFriends bisa menirukan aksen-aksen tersebut dengan sempurna!

Ingin makin lancar berbicara bahasa inggris layaknya native speaker? Kamu bisa lho mengikuti kelas percobaan gratis EF! Selain belajar speaking, ada berbagai kegiatan menyenangkan yang dipandu oleh guru profesional. Tentunya dengan metode belajar yang bervariasi, dijamin belajar bahasa Inggris jadi makin menyenangkan. Sudah siap tampil lancar dan percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris? Cukup dengan mengisi nomor telepon pada form di atas, kamu sudah bisa ikut keseruan kelasnya!

Sampai bertemu Tom di kelas ya1