Menu
tips presentasi
Listening and Speaking

Tips Presentasi yang Menarik, Bukan Sekadar Slide yang Cantik

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.06.25

Ternyata presentasi ada triknya lho, EFriends. Nggak sekadar menyampaikan materi di depan orang lain, kamu bisa ciptakan presentasi yang menarik ala kamu sendiri. Penasaran apa saja tips presentasi yang bisa kamu terapkan? Tom sudah buat rangkumannya di bawah!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kamu pernah dapat tugas presentasi nggak, EFriends? Apa yang kamu rasakan saat dapat tugas itu dan harus membawakannya di depan kelas? Senang? Grogi? Takut?

Punya kemampuan presentasi yang baik akan sangat menguntungkan kamu, lho. Selain bisa memudahkanmu saat dapat tugas di sekolah, jago presentasi secara tidak langsung akan mengajarkanmu cara berpikir yang terstruktur dan bagaimana berkomunikasi dengan baik. Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih percaya diri menyuarakan pendapatmu.

Nah, berikut ini adalah tips presentasi yang bisa kamu pelajari dan coba.

tugas presentasi

Buat slide yang cantik

Desain slide presentasi yang cantik memang bisa menarik mata audiens, tapi ada aspek yang lebih penting daripada desain, lho! Pertama, jangan buat slide yang penuh dengan teks. Gunakan maksimal 4 poin yang setiap poinnya berisi kalimat singkat. Kedua, pilih warna yang kontras agar mudah dibaca. Ketiga, maksimalkan penggunaan gambar, grafik dan diagram.

Atur strategi bercerita

Jangan cuma menghafal materi yang ada di slide yang kamu buat. Anggaplah seperti sedang menulis cerita, kamu juga perlu membuat konsep dan alur presentasi mulai dari pembuka hingga penutup. Susun semua yang ingin kamu katakan. Jangan lupakan detail-detail kecil, bahkan kalau kamu ingin menyampaikan humor atau cerita tentang pengalaman pribadimu.

Buka presentasi dengan sesuatu yang menarik

Daripada kamu membuka sesi presentasi dengan “Good morning, my name is … Today, I want to explain about…”, coba deh buka dengan cara berbeda. Kamu bisa coba pendekatan lain, misalnya:

  • Gunakan data

  • Humor

  • Kutipan menarik

  • Fakta unik tentang topik yang kamu angkat

  • Pertanyaan yang membuat penasaran

Contoh pembukaan presentasi dengan fakta unik: “Do you know that polar bear’s fur is not white? I’m Tom and I will explain the reason behind this, today.”

Jangan bertele-tele

Saat menyampaikan presentasi, berkomunikasilah dengan efektif. Jelaskan materimu dengan singkat dan langsung pada intinya. Kamu tetap bisa memberikan contoh lebih lanjut untuk memperkuat apa yang kamu sampaikan, kok. Tidak apa-apa kalau kamu mau menyampaikan humor atau selingan agar audiens tidak bosan.

Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Salah satu keuntungan kalau kamu tahu siapa audiensmu, kamu bisa menyesuaikan bahasa yang kamu gunakan. Pastinya kalau audiensmu adalah teman-teman sekelas, akan lebih baik kalau kamu pakai bahasa yang sederhana yang bisa mereka pahami. Hindari istilah-istilah sulit yang mungkin tidak familiar buat mereka.

Ingat ya, EFriends, untuk terdengar pintar bukan berarti kamu harus selalu menggunakan istilah sulit. Tapi, bagaimana kamu bisa menyederhanakan istilah yang sulit agar mudah dipahami.

Sampaikan materi seolah sedang bercerita

Pernahkah kamu mengantuk saat mendengar penjelasan gurumu, tetapi langsung terbangun saat gurumu mulai bercerita tentang hal di luar pelajaran? Yup, semua orang memang lebih suka mendengarkan cerita daripada mendengar penjelasan. Jadi, sampaikanlah materimu seolah kamu sedang bercerita dan mengobrol, bukan sedang menggurui.

Berinteraksi dengan audiens

Berkaitan dengan poin yang di atas, saat kamu sedang bercerita, kamu pasti sesekali menanyakan respon lawan bicaramu kan? Nah, sama saja dengan presentasi. Jadikan penampilanmu sebagai obrolan dua arah. Kamu bisa minta pendapat atau jawaban dari teman sekelasmu. Misalnya untuk topik beruang kutub, kamu bisa tanyakan “Do you know what polar bear eats?”

Tutup dengan sesuatu yang berkesan

Pembukaan presentasimu sudah kuat, dan kamu juga sudah menyampaikan materi dengan baik. Saatnya tutup presentasimu dengan sesuatu yang berkesan. Tutup presentasimu dengan kesimpulan dari apa yang kamu sampaikan. Kamu bisa tambahkan kutipan atau pantun penutup presentasi juga! Untuk EFriends yang suka bergurau atau kolektor meme, jangan takut untuk menambahkan meme favoritmu.

Semoga 8 tips di atas bisa membantumu membawakan presentasi yang berkesan ya, EFriends. Ingat, untuk menjadi presenter yang keren perlu latihan terus-menerus. Jadi, jangan patah semangat kalau kemampuanmu masih kurang.

Kamu juga bisa mengasah kemampuan presentasimu di EF, lho. Di program Trailblazers dan Frontrunner, kamu akan belajar membawakan presentasi dalam bahasa Inggris. Tentu saja dengan dibimbing oleh EF Teachers.

Mau tahu apa saja yang dipelajari di program Trailblazer dan Frontrunner? Kamu bisa ikut kelas percobaan gratis yang tersedia di seluruh sekolah EF. Cukup dengan mendaftarkan nomor HP aktifmu pada form di atas!

Ayo kita belajar presentasi bareng!