Menu
writing essay
Reading and Writing

Yuk Buat Paragraf Pertama Esaimu Menarik dengan Ini

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.05.20

EFriends, pasti kalian pernah dong mengerjakan tugas esai Bahasa Inggris? Tapi, pernahkah kalian merasa bosan saat membaca esai orang lain karena kurang menarik? Atau, bahkan saat mengerjakan esai kalian sendiri? Hayo, ngaku! Yuk simak tips dari Tom agar esai karyamu semakin menarik, bahkan dari kalimat pertama!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tenang, EFriends, kamu tidak sendiri. Mungkin, banyak orang yang merasa bosan saat membaca esai, terutama esai yang memiliki paragraf pembuka yang monoton. Paragraf pembuka yang menarik adalah kunci untuk membuat esai yang baik dan mudah dibaca.

Tahukah kamu bahwa 65% pembaca esai berhenti membaca setelah paragraf pertama? Artinya, jika paragraf pembuka EFriends tidak menarik, kemungkinan besar pembaca akan langsung melewatkan esai kamu!

Lalu, bagaimana cara menulis paragraf pembuka yang menarik? Berikut beberapa tips untuk kamu.

essay bahasa inggris

Gunakan Pertanyaan Retoris

Pertanyaan retoris adalah pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban. Pertanyaan ini dapat digunakan untuk menarik perhatian pembaca dan membuat mereka berpikir tentang topik yang akan dibahas.

Contohnya:

"Can you imagine life without technology? What would happen to our lives without the internet, smartphones, and social media?"

"Pernahkah kamu membayangkan hidup tanpa teknologi? Bagaimana jadinya hidup kita tanpa internet, smartphone, dan media sosial?"

Gunakan Fakta atau Statistik

Fakta dan statistik menunjukkan kepada pembaca bahwa EFriends telah melakukan riset dan kamu mengetahui apa yang kamu bicarakan. Hal ini membuat esai kamu lebih kredibel dan meyakinkan.

Menggunakan keduanya dapat untuk memperkuat argumen kamu dan membuat esai kamu lebih persuasif. Ketika EFriends mendukung argumen kamu dengan data yang konkret, pembaca akan lebih mungkin untuk mempercayai kamu.

Contohnya:

"Did you know that the average person spends 3 hours a day using social media? This number shows that social media has become an important part of our lives."

"Tahukah kamu bahwa rata-rata orang menghabiskan 3 jam sehari untuk menggunakan media sosial? Angka ini menunjukkan bahwa media sosial telah menjadi bagian penting dalam hidup kita."

Gunakan Anekdot

Anekdot adalah cerita singkat yang dapat digunakan untuk membuat esai kamu lebih terasa nyata dan menarik dengan pengalam yang pernah dirasakan.

Di sini para pembaca pasti pernah merasakan hal yang sama dengan yang kamu rasakan dan akan membuat mereka tertarik untuk membaca essai yang dibuat karena relate dengan diri mereka.

Contohnya:

"When I first learned English, I had a lot of trouble understanding grammar. I remember, at that time I had to memorize a lot of grammar rules and complicated rules. But, with practice and determination, I finally mastered it. This experience taught me that with hard work, we can achieve anything we want."

"Ketika saya pertama kali belajar Bahasa Inggris, saya sangat kesulitan untuk memahami grammar. Saya ingat, saat itu saya harus menghafal banyak rumus dan aturan grammar yang rumit. Tapi, dengan latihan dan tekad, saya akhirnya bisa menguasainya. Pengalaman ini mengajari saya bahwa dengan kerja keras, kita bisa mencapai apa pun yang kita inginkan."

Gunakan Kutipan

Kutipan dapat digunakan untuk memperkuat argumen EFriends atau untuk menambahkan kredibilitas pada esai kamu. Kutipan bisa kamu ambil dari sebuah buku atau perkataan dari tokoh yang dapat memotivasi pembacamu.

Terkadang, terlalu banyak menggunakan kata-kata kamu sendiri dalam esai dapat membuat pembaca bosan. Menggunakan kutipan dapat membantu EFriends untuk memberikan variasi pada tulisan kamu dan membuatnya lebih menarik untuk dibaca.

Contohnya:

"The only way to do great work is to love what you do." - Steve Jobs. This quote shows that to achieve success, we must love what we do.

"The only way to do great work is to love what you do." - Steve Jobs. Kutipan ini menunjukkan bahwa untuk mencapai kesuksesan, kita harus mencintai apa yang kita lakukan.

Berikan Janji

Berikan janji kepada pembaca tentang apa yang akan mereka pelajari dari esai kamu sehingga mereka akan tahu gambaran apa saja yang akan kamu bahas pada esai mu.

Contohnya:

"In this essay, I will discuss 3 surefire tips for writing interesting opening paragraphs. I will provide easy-to-understand examples and practical tips that you can apply directly to your writing."

"Dalam esai ini, saya akan membahas tentang 3 tips jitu untuk menulis paragraf pembuka yang menarik. Saya akan memberikan contoh-contoh yang mudah dipahami dan tips-tips praktis yang dapat kamu terapkan langsung dalam penulisan kamu."

Paragraf pembuka yang menarik ibarat magnet yang mampu menarik perhatian pembaca untuk terus menyelami isi esai. Di sinilah kamu akan mengajak pembaca untuk berpetualang bersamamu dalam dunia ide dan gagasan.

Apakah EFriends masih butuh bimbingan dalam belajar bahasa Inggris terutama dalam membuat essay? Jika iya, EFriends bisa lho mencoba kelas gratis EF! Cukup dengan mengisi nomor telepon pada laman ini, Kamu sudah bisa mencoba kelas gratisnya!

Sampai ketemu di kelas ya!