Menu
bermain game
News and Lifestyle

Anak Malas Belajar? Ini Cara Seru Belajar dengan Gamifikasi!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.07.02

Gamifikasi atau gamification menjadi salah satu metode yang sangat efektif untuk membuat proses belajar anak menjadi lebih menyenangkan dan menarik. Yuk, mari kenali lebih dalam apa itu gamifikasi dan apa saja manfaatnya untuk meningkatkan belajar si kecil.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

EF Parents, gamifikasi adalah penggabungan antara elemen permainan dan kegiatan pembelajaran. Dalam gamifikasi dapat menerapkan unsur-unsur seperti poin, level, tantangan, dan hadiah yang ada dalam permainan untuk membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan motivasi dalam belajar dan keterlibatan anak-anak dalam belajar. Berikut adalah beberapa manfaat dari gamifikasi:

manfaat gamifikasi

Meningkatkan Motivasi Belajar

Gamifikasi membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Dengan adanya elemen permainan seperti poin, lencana, dan papan peringkat, anak-anak menjadi lebih termotivasi untuk belajar dan menyelesaikan tugas-tugas atau pekerjaan rumah. Hal ini karena mereka merasa seperti sedang bermain game dan ingin mencapai level yang lebih tinggi.

Meningkatkan Keterlibatan

Elemen-elemen permainan seperti poin dan level membuat anak-anak lebih terlibat dalam proses belajar. Mereka merasa tertantang untuk mencapai level yang lebih tinggi dan mendapatkan penghargaan. Hal ini meningkatkan fokus dan konsentrasi mereka terhadap materi pelajaran.

Meningkatkan Pemahaman Materi

Dengan gamifikasi, anak-anak cenderung lebih mudah mengingat materi yang telah dipelajari. Penggunaan elemen visual dan interaktif dalam permainan membantu mereka mengaitkan informasi dengan pengalaman yang menyenangkan. Hal ini membuat mereka lebih mudah untuk mengingat konsep-konsep yang telah dipelajari.

Mendorong Pembelajaran Mandiri

Gamifikasi juga mendorong anak-anak untuk belajar secara mandiri. Mereka bisa belajar kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan aplikasi atau platform belajar yang gamifikatif. Hal ini membantu mereka untuk menjadi lebih bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri.

Mengembangkan Soft Skills

Selain keterampilan akademis, gamifikasi juga membantu mengembangkan soft skills seperti kerjasama, komunikasi, dan problem solving. Anak-anak belajar bekerja dalam tim, berkomunikasi dengan baik, dan menyelesaikan masalah dengan kreatif. Hal ini penting untuk kesuksesan mereka di masa depan.

Apakah Gamifikasi Bisa Digunakan untuk Belajar Bahasa Asing?

Tentu saja bisa EF Parents! Dengan gamifikasi, proses belajar bahasa bisa diubah menjadi pengalaman yang seru dan menarik. Berikut adalah cara yang bisa membantu anak-anak belajar bahasa asing khususnya bahasa Inggris:

Tebak Kosakata

Permainan interaktif sering kali menggunakan cara yang menyenangkan untuk mengajarkan kosa kata baru. Misalnya, anak-anak bisa bermain game yang meminta mereka untuk mencocokkan kata dengan gambar, atau menemukan kata-kata yang tersembunyi dalam teka-teki.

Menyusun Kalimat

Tata bahasa bisa menjadi bagian yang sulit dalam belajar bahasa asing. Namun, dengan gamifikasi, tantangan belajar tata bahasa bisa dibuat menjadi lebih menarik. Contohnya, EF Parents meminta anak-anak untuk menyusun kalimat dari kata-kata yang diberikan dalam waktu tertentu, atau memilih bentuk kata yang benar dalam konteks kalimat.

Berlatih Berbicara dengan Role Playing

Permainan interaktif juga bisa melibatkan role-playing, di mana anak-anak berperan sebagai karakter dalam skenario tertentu dan harus menggunakan bahasa asing untuk berkomunikasi. Misalnya, EF Parents mengajak si kecil bermain peran sebagai wisatawan yang harus bertanya arah atau pengunjung memesan makanan di restoran.

Dengan gamifikasi, belajar bahasa bisa diubah menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menarik. Permainan interaktif tidak hanya membantu anak-anak belajar kosa kata dan tata bahasa, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menggunakan bahasa yang baru mereka pelajari.

Di EF, belajar bahasa Inggris dilakukan dengan metode belajar yang bervariasi sehingga proses belajar di kelas jadi tidak membosankan. Dipandu oleh guru profesional dan berpengalaman belajar jadi lebih menyenangkan. Yuk ajak si kecil untuk ikuti kelas percobaan gratis EF! Dan ikuti keseruan kelasnya!

Sampai bertemu di kelas ya!