Menu
medal artinya
News and Lifestyle

Medal, Meddle & Mettle, Apa Bedanya?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.07.19

EFriends, kali ini Tom akan membahas mengenai confusing word yang sering ditemui dalam bahasa Inggris. Ada tiga kata yang memiliki pengucapan sama, yaitu medal, meddle, dan mettle. Kira-kira apa perbedaan ketiganya? Simak baik-baik ya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Medal, meddle, dan mettle termasuk dalam kategori confusing words atau kata yang membingungkan. Penyebab dari confusing words ini bisa bermacam-macam, bisa jadi bingung karena sinonim ataupun homofon..

Dalam hal ini, medal, meddle, dan mettle memiliki pengucapan yang hampir sama, yaitu [ˈmɛdəl]. Agar tidak salah lagi, berikut perbedaan dan penggunaan ketiga kata ini!

medal contohnya

Medal (Medali)

Medal atau medali merupakan noun dalam bahasa Inggris. Medal berarti sebuah benda yang diberikan sebagai penghargaan atas suatu prestasi atau pencapaian. Medal biasanya terbuat dari logam dan memiliki bentuk yang khas. Contohnya, medali emas yang diberikan kepada pemenang olimpiade.

Contoh kalimat:

  • "The athlete received a gold medal for his victory in the marathon."
    Atlet itu menerima medali emas atas kemenangannya di maraton.

  • "The school awarded medals to the students with the highest grades."
    Sekolah memberikan medali kepada siswa dengan nilai tertinggi.

Meddle (Mencampuri)

Meddle berarti mencampuri urusan orang lain tanpa diminta atau tanpa hak. Dalam bahasa Inggris "meddle" termasuk ke dalam kata kerja atau verb. Frasa ini memiliki konotasi negatif, karena mencampuri urusan orang lain sering kali dianggap tidak sopan atau mengganggu.

Contoh kalimat:

  • "She shouldn't meddle in my relationship with my family."
    Dia tidak boleh mencampuri hubunganku dengan keluargaku.

  • "He always meddles in other people's business."
    Dia selalu mencampuri urusan orang lain.

Mettle (Keberanian)

Termasuk noun, mettle memiliki arti keberanian, tekad, atau semangat pantang menyerah. Kata mettle mengandung makna positif dan merupakan sikap yang biasanya ditunjukkan dalam menghadapi situasi yang sulit atau menantang.

Contoh kalimat:

  • "The soldier showed great mettle in the battle."
    Prajurit itu menunjukkan keberanian yang luar biasa dalam pertempuran.

  • "She has the mettle to overcome any obstacle."
    Dia memiliki keberanian untuk mengatasi rintangan apa pun.

Bagaimana, EFriends? Sudah tidak bingung lagi, kan? Sekarang kamu sudah tahu perbedaan antara medal, meddle, dan mettle. Jangan lupa untuk menggunakan kata-kata ini dengan tepat dalam bahasa Inggrismu. Awas jangan sampai tertukar ya!

Jika kamu ingin makin aktif dan lancar dalam berbahasa inggris? Kamu bisa lho mengikuti kelas percobaan gratis EF! Selain belajar speaking, ada berbagai kegiatan belajar menyenangkan dengan metode belajar yang bervariasi seperti melakukan LifeClub. Dijamin belajar bahasa Inggris jadi makin menyenangkan dan tidak membosankan! Cukup dengan mengisi nomor telepon pada form di atas, kamu sudah bisa ikut keseruan kelasnya!