Menu
lomba debat bahasa inggris
Listening and Speaking

Serba Serbi Lomba Debat Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.05.22

Cara menguji kemampuan berbahasa Inggris tidak cuma lewat ujian tertulis atau ngobrol santai dengan native. Kamu bisa ikut lomba bahasa Inggris, salah satunya lomba debat. Tertarik mencari tahu tentang lomba debat bahasa Inggris?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Apa Itu Debat?

Menurut KBBI, debat adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Apa Itu Lomba Debat Bahasa Inggris?

Lomba debat adalah sebuah kompetisi dimana ada dua tim, pro dan kontra, yang mendiskusikan topik tertentu, Tim yang memberi argumen terbaik menurut penilaian juri adalah yang menjadi pemenang. Dalam lomba debat bahasa Inggris, tentu saja para peserta lomba mengutarakan argumen mereka dalam bahasa Inggris.

Tujuan Lomba Debat

Ikut lomba debat bahasa Inggris nggak cuma menguji kemampuan bahasa Inggrismu, tapi juga punya tujuan lain seperti:

1. Mengasah kemampuan berpikir kritis

Debat adalah tentang beradu argumen. Kamu didorong untuk berpikir kritis, menemukan celah untuk mematahkan argumen lawan.

2. Mendorong kemampuan riset

Untuk bisa mematahkan argumen lawan, tentu kamu juga harus melakukan riset mendalam tentang topik yang akan didebatkan, baik itu data pendukung untuk pro maupun kontra.

3. Melatih kemampuan berbicara

Dalam debat, kamu hanya berpegang pada data. Oleh karena itu, kamu harus lebih memperhatikan pemilihan kata yang kamu gunakan, bagaimana menyampaikan argumenmu dengan efektif dan efisien karena kamu dibatasi oleh waktu.

Macam-macam Format Debat Bahasa Inggris

EFriends, kamu tahu tidak kalau ada beberapa format dalam debat bahasa Inggris? Ada 4 yang paling umum digunakan saat lomba. Kalau kamu tahu keempat format ini, kamu akan lebih mudah dalam menyusun strategi debatmu.

Parliamentary Debate

Debat parlemen ini disusun mirip seperti proses di parlemen Inggris. Dalam format debat ini melibatkan dua hingga tiga anggota per tim yang mendebatkan sebuah mosi dalam rentang waktu yang terbatas.

Policy Debate

Dikenal juga sebagai debat pemeriksaan silang. Format dalam debat ini biasanya berfokus pada proposal kebijakan. Masing-masing tim mendukung atau menentang resolusi tersebut, menyajikan bukti dan melakukan pemeriksaan silang.

Lincoln-Douglas Debate

Dinamakan berdasarkan perdebatan terkenal antara Abraham Lincoln dan Stephen A. Douglas, format ini bersifat tatap muka dan menekankan argumen filosofis dan etis.

Public Forum Debate

Debat forum publik dirancang agar mudah diakses dan menarik, format ini melibatkan tim yang terdiri dari dua orang yang memperdebatkan peristiwa terkini atau isu kebijakan secara terstruktur.

Sekarang kamu sudah tahu kan serba serbi debat bahasa Inggris? Ikut kompetisi debat akan banyak membantumu dari segala aspek lho EFriends.

Kalau kamu ingin ikut lomba debat bahasa Inggris tapi masih belum percaya diri dengan kemampuan berbahasa Inggrismu, kamu bisa kembangkan kemampuanmu di EF. Ada full course atau short course 2 minggu di EF Holiday Academy selama bulan April hingga Juni. Kamu juga bisa ikut kelas percobaan gratis dulu untuk merasakan keseruan belajar di EF! Cukup dengan mendaftarkan nomor HPmu di form yang tersedia.

Sampai jumpa di kelas!