Menu
ekstrakulikuler robotik
News and Lifestyle

Si Kecil Hebat! Ini Manfaat Anak Ikut Ekskul Robotic dan Sains Club

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.06.19

Salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan potensi dan talenta anak adalah dengan mendorong mereka untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. EF Parents, apakah si kecil memiliki ketertarikan pada teknologi dan sains? Jika iya, berikut 2 rekomendasi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang bisa diikuti si kecil!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ekskul memiliki banyak manfaat bagi anak. Dengan mengikuti ekskul yang tepat, anak dapat mengembangkan minat dan bakat mereka, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, membangun persahabatan dan kerjasama tim, meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab, serta mempersiapkan masa depan mereka. Oleh karena itu, orang tua perlu mendorong anak mereka untuk mengikuti ekskul yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Di antara banyak pilihan ekskul yang tersedia di sekolah, Science club dan robotik bisa jadi dua pilihan menarik yang menawarkan banyak manfaat bagi anak-anak. Ekskul ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga melatih keterampilan praktis dan mendorong kreativitas serta inovasi pada anak. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perlu mempertimbangkan ekskul science club dan robotik:

manfaat ekskul

Membangkitkan Minat dan Semangat Belajar Sains

Berbeda dari pembelajaran sains di kelas yang lebih banyak teoritis, ekskul klub sains dan robotik dikemas dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan. Anak tidak hanya dijejali teori, tetapi juga diajak untuk melakukan eksperimen, praktik, dan mengerjakan proyek-proyek yang menantang. Pengalaman langsung ini menumbuhkan rasa ingin tahu dan membuat mereka memahami konsep sains dengan lebih baik dan mendalam.

Mengembangkan Hardskill dan Softskill

Berpikir kritis, problem solving, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas menjadi salah satu hal sangat dibutuhkan di masa depan. Ekskul science club dan robotik melatih anak untuk mengasah keterampilan tersebut lewat berbagai kegiatan dan proyek. Misalnya, saat memecahkan masalah teknis pada robot atau bereksperimen untuk membuktikan suatu teori, anak akan dituntut untuk berpikir kritis, bekerja sama dalam tim, dan mengkomunikasikan temuan mereka secara efektif.

Mampu Menciptakan Inovasi

Kedua ekskul ini juga melatih anak untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah. Mereka dihadapkan pada berbagai situasi dan tantangan yang harus mereka selesaikan dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari. Anak-anak akan didorong untuk menciptakan solusi baru dan berpikir "out of the box" untuk menghadapi permasalahan. Hal ini membantu mereka mengembangkan kemampuan adaptif yang penting untuk menghadapi berbagai masalah.

Sarana Kreasi yang Rekreatif

Degan mengikuti salah satu diantara keduanya, ekskul ini menyediakan ruang bagi anak untuk mengeksplorasi ide-ide unik mereka. Dengan menggunakan berbagai alat dan bahan yang tersedia, anak bebas untuk berkreasi dan mewujudkan ide-idenya.

Proses kreatif ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bermanfaat dalam mengembangkan berbagai kemampuan penting seperti pemecahan masalah, berpikir kritis, dan komunikasi. Di sini, anak belajar untuk bekerja sama dengan tim, bertukar ide, dan menyelesaikan berbagai tantangan dengan cara yang kreatif.

Melatih Kemampuan Motorik dan Kecerdasan Spasial

Merakit robot dan membangun model sains bukan hanya tentang imajinasi, tetapi juga tentang kemampuan motorik dan kecerdasan spasial yang mumpuni. Anak-anak diajak untuk merangkai berbagai komponen dengan presisi, mengkoordinasikan gerakan tangan dan mata, dan memahami konsep ruang dan dimensi. Kemampuan ini sangat penting untuk perkembangan motorik halus anak dan dapat membantu mereka dalam berbagai kegiatan lain seperti menulis, menggambar, dan bermain alat musik.

Dari penjelasan di atas, ekskul bukan hanya kegiatan bermain yang menyenangkan, tetapi juga sarana edukatif yang dapat memberikan banyak manfaat bagi anak-anak.

EF Parents, ada berbagai macam kegiatan seru yang membuat belajar bahasa Inggris jadi menyenangkan salah satunya lewat LifeClub. Di EF, si kecil dapat mempelajari hal yang mereka sukai seperti cooking class hingga robotik. Yuk ajak si kecil untuk ikuti kelas percobaan gratis EF! Dipandu oleh guru profesional dengan metode belajar yang bervariasi, dijamin belajar bahasa Inggris jadi semakin seru.

Daftar sekarang dan ikuti keseruan kelasnya!