Menu
writing essay
Reading and Writing

Suka Menulis? Ini Cara agar Tidak Terkena Writer's Block

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.05.21

Pernahkah kamu merasa buntu saat ingin menulis? Pikiran terasa kosong, ide macet, dan jari-jari kaku di atas keyboard? Nah, jika kamu pernah mengalami hal itu, selamat, kamu tidak sendirian. Perasaan itu biasa disebut writer's block, dan banyak penulis, baik pemula maupun profesional, yang mengalaminya.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Writer's block adalah kondisi di mana seorang penulis mengalami kesulitan untuk memulai atau melanjutkan proses menulis. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kehabisan ide, tekanan deadline, rasa perfeksionis, atau bahkan stres.

Tenang saja, EFriends! Bukan berarti EFriends nggak kreatif atau nggak jago menulis. Writer's block itu wajar kok dalam dunia menulis kreatif, dan bisa diatasi dengan beberapa cara. Yuk, simak tips berikut ini!

tips menulis

Istirahat sejenak

Terkadang, otak kita hanya perlu sedikit waktu untuk beristirahat agar bisa kembali fokus. Berjalan-jalan, mendengarkan musik, atau melakukan aktivitas yang kamu sukai bisa membantu menjernihkan pikiran dan membangkitkan kembali ide-ide kreatifmu.

Cari Inspirasi

Ide bisa datang dari mana saja, lho! Coba baca buku, artikel, atau tonton film yang menarik. Perhatikan juga hal-hal di sekitar EFriends, seperti pemandangan alam, aktivitas orang-orang, atau bahkan percakapan sehari-hari. Siapa tahu, EFriends bisa menemukan ide cerita baru dari sana.

Diskusikan ide-idemu dengan teman, keluarga, atau bahkan mentor. Bertukar pikiran dengan orang lain dapat membantu kamu melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda dan menemukan solusi yang kreatif.

Ubah suasana menulis

Bosan menulis di tempat yang sama? Coba deh pindah ke tempat lain! Bisa di kamar, taman, kafe, atau bahkan perpustakaan. Ganti juga alat tulis EFriends, seperti pulpen, buku catatan, atau laptop. Siapa tahu, suasana baru bisa memicu ide-ide baru juga.

Lakukan freewriting

Freewriting adalah teknik menulis bebas tanpa memikirkan struktur, tata bahasa, atau ejaan. Cukup tuliskan semua yang terlintas di pikiranmu selama 10-15 menit. Teknik ini dapat membantu kamu mengeluarkan ide-ide yang terpendam dan menemukan titik awal untuk tulisanmu.

Jangan takut untuk bereksperimen

Cobalah berbagai gaya penulisan, format, atau bahkan genre yang berbeda. Mungkin kamu akan menemukan cara baru untuk mengekspresikan ide-idemu dan mengatasi writer's block.

Kamu juga bisa mencoba untuk menulis bareng teman, lho! EFriends bisa saling bertukar ide dan membantu menyelesaikan tulisan. Selain itu, EFriends juga bisa belajar teknik-teknik baru dari teman.

Beri diri kamu waktu ntuk berproses

Kadang, kita terlalu fokus untuk membuat tulisan yang sempurna. Hal ini justru bisa bikin writer's block. Coba deh tulis apa pun yang ada di pikiran EFriends, tanpa memikirkan struktur, tata bahasa, atau ejaan. Biarkan ide-ide mengalir bebas! Nanti, EFriends bisa revisi tulisan tersebut setelah ide-idenya sudah terkumpul.

Menulis adalah proses yang membutuhkan waktu dan kesabaran. Jangan terlalu terburu-buru dan memaksakan diri. Nikmati prosesnya dan biarkan ide-idemu mengalir secara alami.

Ingat, EFriends, writer's block adalah hal yang wajar terjadi. Yang terpenting adalah kamu tidak menyerah dan terus berusaha untuk menemukan cara untuk mengatasinya. Dengan tips-tips di atas, semoga kamu bisa kembali menulis dengan penuh semangat dan kreativitas!

Apakah EFriends masih butuh bimbingan dalam belajar bahasa Inggris? Jika iya, EFriends bisa lho mencoba kelas gratis EF! Cukup dengan mengisi nomor telepon pada laman ini, Kamu sudah bisa mencoba kelas gratisnya!

Sampai ketemu di kelas ya!